Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

“Yogya Monopoli” Raih Perunggu di ajang Pimnas ke-30 tahun 2017

By admin_fip | 9:12 AM WIB, Wed September 20, 2017

Anak tunarungu merupakan anak yang memiliki kondisi kehilangan sebagian maupun sisa pendengaran. Risdianti (2017: 11) berpendapat bahwa anak tunarungu adalah anak yang mengalami gangguan pada pendengarannya sehingga anak tunarungu mengalami kesulitan dalam merespon bunyi dari luar dan juga mengakibatkan anak tunarungu kesulitan dalam berkomunikasi dan berbicara dengan sesama manusia pada umumnya maupun sesama penyandang tunarungu. Hambatan yang dimiliki oleh anak tunarungu tersebut mengakibatkan mereka memiliki karakteristik seperti perbendaharaan kosakata yang rendah, sulit memahami sesuatu yang berrsifat abstrak dan terganggu bicaranya (Wasita, 2013: 22). Selain karakteristik tersebut, siswa tunarungu juga memiliki permasalahan dalam penerimaan informasi dari lingkungan yang mengakibatkan prestasi belajar mereka lebih rendah daripada siswa normal terutama untuk pembelajaran yang bersifat hafalan seperti IPS.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengakomodasi dari hambatan yang dimiliki oleh anak tunarungu tersebut penggunaan media yang dapat mengoptimalkan indera yang lain terkhusus penglihatan sangat diperlukan sehingga permasalahan prestasi belajar yang rendah dapat teratasi dan kewajiban untuk melestarikan kebudayaan juga dapat terpenuhi. Kebutuhan pendidikan dari kelompok siswa ini adalah belajar dari lingkungan, komunikasi, menggunakan pendekatan visual, dan pembelajaran berbasis konkret. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu memaksimalkan indra penglihatannya. Peranan indra penglihatan, selain sebagai sarana memperoleh pengalaman persepsi visual, juga sebagai ganti persepsi auditif anak tunarungu sehingga dapat dikatakan anak tunarungu dalam memperoleh informasi sangat tergantung pada indra penglihatan.

Oleh karena itu kelompok yang beranggotakan Yuly Imawati (PLB FIP), Retno Wulan Juminarsih (MP FIP), Yeni Yulianti (PLB FIP), Darul Hamim (PGSD FIP), dan Isnainul Fahrizal (Pend. Teknik Informatika FT) mengembangkan YM “Yogya Monopoli” sebagai media untuk mengenalkan kebudayaan Yogyakarta. Media ini dirancang berbasis Augmented reality untuk Siswa Tunarungu Tingkat Dasar di SLB Karnnamanohara. Augmented reality yang digunakan dalam media ini berdasarkan pada hambatan yang dimiliki oleh anak tunarungu dalam segi pendengarannya sehingga dalam memahami suatu materi dengan mengoptimalkan indera penglihatan.

Kelompok PKM-P ini memadukan permainan Monopoli yang berbentuk lingkaran dengan 20 petak (petak rumah adat, senjata tradisional, alat musik, tarian, makanan khas, bangunan bersejarah, pakaian adat, dan upacara adat Yogyakarta), kartu kepemilikan, kartu untuk uang, dan kartu informasi yang dapat divisualisasikan dengan animasi/video apabila discan menggunakan marker augmented reality. Didampingi oleh dr. Atien Nur Chamidah, M. Dis. St., kelompok yang diketuai oleh Yuly Imawati ini, meraih Perunggu atau peringkat III pada Presentasi PKM-PSH1 dalam Pimnas ke-30 tahun 2017 yang diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, 23-28 Agustus 2017. Sedangkan Medali Emas diraih oleh UGM dan Medali Perak diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November untuk kategori Presentasi PKM-PSH1.

“Guru dapat menggunakan media Yogya Monopoli sebagai media pengenalan kebudayaan Yogyakarta dalam pembelajaran IPS. Namun tidak dipungkiri bahwa perlu adanya pengembangan pada aplikasi augmented reality, baik dari segi desain tampilan maupun fitur-fitur tambahan agar lebih menarik. Selain itu, perlu adanya perbaikan dan pengembangan lebih lanjut mengenai isi materi yang terdapat dalam aplikasi Augmented Reality.” Tutup Yuly. (yul/antfip)

Berita

  • “Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”
    09/30/2023 - 09:19
  • Mahasiswa FIP UNY Raih 10 Kejuaraan di Kompetisi Pedagog Muda Indonesia (KPMI) 2022
    11/07/2022 - 16:30
  • Rektor UNY Kukuhkan 4 Guru Besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
    01/02/2024 - 08:36
  • FIP UNY Diminta Berbagi Strategi Optimalisasi Liga IKU oleh FIP UNG
    06/15/2022 - 09:15
  • Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat FIPP UNY tahun 2024
    03/06/2024 - 12:21
  • Dosen PLB FIP UNY Pimpin Penguatan Kampus Inklusif, PsLD UNY Susun Modul Pembelajaran
    08/19/2025 - 08:57
  • WORKSHOP PENINGKATAN KERJASAMA FIPP UNY 2024: Mengukuhkan Kolaborasi untuk Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik
    01/18/2024 - 10:25
  • FIP UNY Jalin Kerjasama degan Badan Pengembang SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
    03/22/2022 - 09:20
  • DESAIN PEMBELAJARAN (Prodi S2 Teknologi Pembelajaran)
    10/02/2023 - 10:21
  • KUNJUNGAN AKADEMIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG KE FIPP UNY JADI LANGKAH AWAL UNTUK JALIN KERJASAMA PROGRAM MBKM
    11/21/2024 - 12:22

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY