2nd National Newbie Debating Competition

Departemen Public Speaking UKM Bahasa Asing SAFEL UNY pada tanggal 10-12 Mei kemarin kedua kalinya sukses mengadakan acara tahunannya yakni NNDC UNY (National Newbie Debating Competition). Dibuka di Abdullah Sigit Hall FIP UNY oleh Wakil Rektor I Wardan Suyanto, Ed.D. WR III Dr. Sumaryanto, M.Kes. WR IV Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. Dekan FIP UNY Dr. Haryanto, M.Pd dan WD I FIP sekaligus ketua panitia Dies Natalis ke -49 UNY. Pada tahun ini acara 2nd  NNDC UNY digelar di Fakultas Ilmu Pendidikan yang kebetulan menjadi tuan rumah Dies Natalis UNY ke-49 ini.

Pada tahun pertama adanya lomba ini yang diselenggarakan di FBS UNY, pihak panitia (UKM SAFEL UNY) membuka 40 kapasitas bagi tim yang ingin mendaftar dari seluruh Indonesia, dari 40 kapasitas tersebut terpenuhilah 36 kapasitas. Dari situlah pada tahun ini pihak panitia memperbesar kuota yakni 48 dan terpenuhi hingga 46 tim (2tim mengundurkan diri pada hari pelaksanaan).

2ND NNDC UNY ini tergolong sukses, di hari pertama terlaksana 2 preliminari round dan debate seminar, hari ke-2, 3 preliminari round, gala dinner bertempat di student square lantai 3 dan sebelumnya dilaksanakan CITY TOUR ke kawasan Mailoboro Yogyakarta. Hari ke-3 dilanjutkan dengan babak penyisihan, yakni quarter finals, semi finals, dan grand final.

Berbicara tentang hasil, kampus kita tercinta UNY, adalah satu-satunya institusi yang ke3 tim nya  (UNY A, B, dan C) berhasil masuk ke babak quarter final. Tercatat ada 5 institusi mengirimkan 3 tim namun hanya UNY yang berhasil ketiganya masuk hingga quarter final. Universitas Indonesia, yang pada penyelenggaraan NNDC pertama, ke3 tim nya berhasil masuk hingga quarter final, tahun ini hanya 1 yang berhasil lolos hingga babak tersebut. Pada perebutan gelar 10 best speaker, UNY hanya berhasil meraih peringkat ke-11.

Namun sayang sekali, perjuangan tim UNY berhenti di perebutan semifinalis. Perlombaan ini akhirnya tetap dimenangkan oleh Universitas Indonesia A, disusul oleh Universitas Diponegoro A, Universitas Gadjah Mada B, dan Universitas Paramadina.(annis/ant)