Bakti Sosial Dies Natalis ke-65 FIP UNY

Minggu (28/6) Alunan Hadrah dari anak-anak Panti Asuhan Berkebutuhan Khusus Bina Siwi menyambut rombongan dari FIP UNY yang terdiri dari jajaran Dekanat, Dharma Wanita FIP, Kajur serta Kabag dan Kasubag di lingkungan FIP. Kedatangan rombongan ke Panti Asuhan Bina Siwi yang berlokasi di Desa Sendangsari Pajangan Bantul adalah untuk bakti sosial yang merupakan salah satu agenda Dies Natalis ke 65 FIP UNY  bakti sosial yang diunduh oleh FIP dan Ibu-ibu Dharma Wanita FIP UNY.

Ibu Mugiyanti selaku wakil dari panti menjelaskan bahwa Panti Asuhan ini dihuni 36 anak yatim atau piatu yang berkebutuhan khusus dari berbagai wilayah seperti Jateng dan DIY. Yanti menambahkan bahwa anak didiknya menderita tuna rungu wicara, tuna netra, down syndrome dan tuna grahita. Tapi hal itu tidak menyurutkan niat untuk mendidik anak-anak tersebut agar bisa memiliki kemandirian dan life skill yang cukup. Panti juga mengajarkan mereka dalam hal keterampilan membuat gerabah, kipas atau boneka serta barang kerajinan lainnya untuk dijual di masyarakat luas. Tak hanya itu, panti juga memfasilitasi dengan ketrampilan dalam bidang kesenian. Walaupun terkendala oleh kekurangannya, tapi tidak menyurutkan minat anak-anak tersebut untuk bisa bermain music seperti halnya orang normal.

Selanjutnya Dekan FIP Dr. Haryanto, M.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah memberikan banyak manfaat, terutama untuk berbagi dengan anak-anak yang menghuni panti asuhan ini. Hal ini agar kita bisa lebih mensyukuri hidup bahwa dan masih banyak anak yang kurang beruntung untuk bisa diajak berbagi. Atas nama pimpinan Fakultas, beliau berpesan mudah-mudahan pengelola panti untuk selalu diberi kesabaran untuk menjalankan dan mengelola panti ini, dan bisa lebih sabar dalam menangani penghuni panti yang kesemuanya berkebutuhan khusus. Selanjutnya diadakan acara serah terima bantuan secara simbolis dan diakhiri dengan berfoto bersama. (ant)