Bakti Sosial UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan (KMIP) FIP UNY

Idul adha 1432 H ditahun 2011 M ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan(UKMF KMIP) melakukan Bakti sosial di dusun Purwodadi, desa Ngandong, kecamatan Tepus, Gunungkidul. Acara yang dilakukan selama dua hari ini meliputi training motivasi untuk remaja, outbond anak-anak dan penyembelihan hewan kurban. Sekitar 30 orang yang terdiri dari pengurus KMIP tiga wilayah dan non pengurus hadir dalam kegiatan tersebut.
Kegiatan baksos ini menurut Adlan Adam (mahasiswa PGSD) selaku ketua panitia, rutin dilaksanakan setiap sekali dalam setahun dan sudah berjalan 4 kali selama kepengurusan KMIP dari tahun 2008 hingga saat ini. “Alhamdulillah, kita bisa menyalurkan hewan Qurban sejumlah 1 sapi dan 4 kambing dan insya Allah cukup untuk warga merasakan indahnya berqurban dihari raya Idul Adha” ungkap Adlan. Apresiasi dan tanggapan yang positif dari Fakultas serta dukungan tenaga, materi dan spiritual dari warga setempat membuat kami untuk bisa berbuat lebih banyak dalam membantu saudara kita yang kurang mampu dan melayani memberikan pencerahan ilmu dan motivasi, lanjutnya.
Alasan pemilihan lokasi baksos seperti diungkapkan oleh Adlan yaitu berangkat dari kondisi masyarakat yang mayoritas berpendidikan SD paling tinggi SMA serta dalam menjalankan aktifitas kesehariannya maksimal hanya sebagai karyawan pabrik dan sebagian besar lainnya adalah bertani. Hal ini menjadi cermin bahwa masyarakat di dusun Purwodadi tergolong tingkat ekonomi menengah kebawah. Berawal dari sana tindakan pendampingan yang dilakukan KMIP ini harapannya mampu memberikan pemahaman dan perubahan minimal cara berfikir dan memberi dukungan moril demi peningkatan taraf hidup masyarakat di dusun Purwodadi, Gunungkidul dan sekitarnya, papar Adlan. (didik)