Dosen PPB FIP UNY berpartisipasi dalam The 28th International Congress of Applied Psychology 2014, Paris

Selama ini, kebanyakan ilmu pengetahuan yang kita pelajari banyak mengadopsi pengetahuan berdasarkan data-data hasil penelitian yang dilakukan di Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, masih sedikit sekali pengetahuan yang dikembangkan berdasarkan data-data hasil penelitian dari Negara-negara Asia. Melalui pertemuan ilmiah yang diselenggarakan secara internasional, para peneliti dari berbagai Negara memiliki ajang dan kesempatan untuk menyampaikan hasil penelitiannya di negaranya masing-masing, termasuk Yulia Ayriza, M.Si., Ph.D., dosen jurusan PPB FIP UNY yang mempresentasikan artikel hasil penelitian yang berjudul “Does Children’s Grade in School Moderate the Influence of gender on Their Gender Role and Career interests?” pada helatan The 28th International Congress of Applied Psychology 2014 yang diselenggarakan di Paris pada 8-13 Juli 2014, dengan tujuan berbagi data hasil penelitian yang berbasis budaya Asia, khususnya Indonesia, yang dalam hal ini berbeda dengan hasil-hasil penelitian dari Negara-negara Barat dan Amerika.

Kongres ini mengangkat tema “ From Crisis to Sustainable  Well-Being” dengan topik -topik penerapan psikologi di bidang Pendidikan, Industri, Sosial-Budaya, Klinis, Perkembangan, dan masih banyak bidang social lainnya seperti Keadilan, Politik, dan Olahraga, semuanya mencapai 18 bidang psikologi. Dengan demikian, berbagai perilaku manusia pada dunia fakta akan dibahas secara psikologis dalam forum tersebut.

 Acara yang mengambil tempat di Palais des Congrès - Paris France ini diselenggarakan oleh International Association of Applied Psychology (IAAP). Beberapa manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan ini ialah: (1) dapat menyampaian hasil penelitian yang bersifat khas Indonesia; (2) mendapatkan pengetahuan dan wawasan makin luas dari para pakar manca negara yang menyampaikan hasil penelitian mereka; (3) mengangkat citra universitas di forum internasional; (4) menjalin jejaring kerja dengan para pakar dari berbagai negara. (yul/ant)