Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Dr. Ali Mustadi, MPd, Dosen PGSD, Mengikuti Short Course Lesson Study di Jepang

By admin | 9:23 AM WIB, Wed October 23, 2013

Kegiatan short course berlangsung dari tanggal 12 Nopember sampai dengan 9 Oktober 2013 di Jepang. Agenda studi meliputi intensive sit in, seminar, diskusi, dan sharing bersama Prof. Masaaki SATO, Prof. Manabu SATO, Prof. Izumi Nishitani, Atsushi TSUKUI, Naomi TAKASAWA, dan beberapa staff JICA. Selain itu juga terdapat agenda penting lainya seperti School Visits untuk melalukan observasi Open Class yang mengimplementasikan Lesson Study. Implementasi Learning Community menuju School Reform melalui implementasi Lesson Study.

School reform yang dimaksud yaitu bagaimana sekolah mampu mewujudkan learning community dimana guru, siswa, dan orang tua saling belajar, sebagaimana telah diimplementasikan di Jepang secara berkesinambungan. Best practice tersebut didasarkan pada pemaknaan bahwa schools as learning community is a vision, philosophy, and activity system, that school is a place where children learn together, teacher also learn together as teaching professional, and even parents learn together through active participation (Prof. Manabu Sato).

Guru bukan mengajar tapi belajar merupakan filosofi dasar dalam Learning Community. Setiap anak memiliki hak untuk belajar, sehingga yang terjadi adalah Joyful and meaningful learning pada setiap anak yang masing-masing punya hak untuk belajar right to learn. Kegiatan riil dan dasar yang harus dilaksanakan dalam learning community yaitu terlaksananya open class, bagaimana guru mengajar dengan terlebih dahulu merencanakan desain pembelajaran, kemudian melaksanakan proses pembelajaran secara terbuka dengan diamati/diobservasi oleh guru yang lain, dosen/ahli dari perguruan tinggi, dan juga orang tua, yang kemudian hasil pengamatan tersebut dipakai sebagai bahan refleksi.

Learning experience tersebut sudah menjadi budaya di Jepang selama berpuluh-puluh tahun, karena prinsip sekolah yaitu kelas adalah milik umum sehingga kelas harus terbuka dimana democracy of learning: child, teacher, and parent are all “protagonist” atau semua anak, guru, dan orang tua menjadi pelaku utama. Sebagaimana dikuatkan bahwa Democracy of learning is “a way of associated living” and respect for dignity and diversity of individuals (John Dewey). Perspektif belajar tersebut lebih dikenal dengan Philosophy of excellence dimana masing-masing orang melakukan hal yang terbaik. (ali/ant)

Berita

  • Coaching Clinic Penyusunan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)  FIPP UNY
    03/19/2024 - 14:11
  • Mata Kuliah Statistika Mendorong Pencapaian Indikator SDG's dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
    10/02/2023 - 15:43
  • Pelatihan Guru tentang Social-Emotional Learning (SEL) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
    10/02/2023 - 10:55
  • Mata Kuliah Perencanaan dan Penganggaran Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDGs di Dunia Pendidikan
    09/30/2023 - 10:19
  • KB-TK Pedagogia Menginspirasi FKIP UNISRI Surakarta
    01/17/2022 - 09:19
  • Kunjungan Studi dari Prodi S1 BK FIP UPI ke BK FIPP UNY Mendukung Kerjasama Bidang Kesehatan Mental
    12/06/2023 - 10:15
  • Workshop Peningkatan Kualitas Prestasi Bidang Agama, Seni, dan Penalaran Mahasiswa FIP UNY
    11/17/2022 - 12:00
  • UNY Gandeng National Chiayi University Taiwan Bahas AI dan Masa Depan Pendidikan
    04/21/2025 - 15:46
  • Prodi S2 PAUD FIPP UNY Ditingkatkan! Evaluasi Mutu S2 PAUD oleh Asesor LAMDIK
    02/21/2025 - 13:12
  • Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dan SDG’s
    10/02/2023 - 13:38

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY