Expo Pendidikan Kampus III FIP UNY

Rabu (13/11) mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2010 menggelar "Education Expo: Expo Kurikulum, Menjelajah Keajaiban Kurikulum Delapan Negara". Acara yang digelar di Kampus UPP II Fakultas Ilmu Pendidikan di Jalan Bantul ini diikuti oleh mahasiswa PGSD kelas 7B dan 7C dengan jumlah mahasiswa sebanyak 70 orang. Pergelaran pameran pendidikan menampilkan gambaran pendidikan dari 8 negara yaitu Indonesia, China, Jepang, Australia, India, Amerika Serikat, Hongkong, dan Finlandia yang merupakan negara terbaik dalam pendidikannya. Negara-negara tersebut dipilih berdasarkan kondisi pendidikan yang ada sebagai bahan komparasi dan pengetahuan bagi para pengunjung.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan dibuka langsung oleh Unik Ambarwati, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Kurikulum dengan pemecahan balon yang diikuti oleh setiap kelompok. Acara juga diisi dengan talkshow pendidikan yang disampaikan oleh Dr. Ali Mustadi, M.Pd. Dalam acara talkshow, Ali Mustadi menyampaikan berbagai kondisi pendidikan, khususnya pendidikan dasar yang ada di Jepang. Ali Mustadi menyambut baik acara pameran pendidikan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa. “Apresiasi yang sangat luar biasa kepada mahasiswa angkatan paling tua di Kampus 3 ini karena dapat menghadirkan gambaran pendidikan dari 8 negara kepada para pengunjung," ujar Ali.

Delapan negara yang menjadi peserta expo menampilkan sebuah pertunjukan yang menggambarkan kondisi pendidikan di negara tersebut. Masing-masing stand diisi dan dihias dengan sangat menarik oleh para peserta dengan berbagai aksesoris. Sambutan yang meriah juga diberikan oleh para pengunjung. Tercatat ada lebih dari 300 peserta yang hadir mengunjungi acara ini.

Menurut Unik Ambarwati, M.Pd selaku pioner acara, education expo bertujuan untuk membuka mindset baru tentang pendidikan, khususnya pada kurikulum indonesia dan beberapa negara. Harapannya dengan mindset baru itu akan bisa muncul pemikiran tentang pengembangan dan implementasi kurikulum pendidikan dasar di Indonesia. Acara berlangsung hingga pukul 14:00 WIB dan ditutup dengan pemberian penghargaan sesuai dengan kategori masing-masing. (isna/pram/ant)