Festival Hari Anak Internasional yang Mengagumkan

Festival Hari Anak Internasional merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh HIMA PGSD KAMPUS III Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk memperingati Hari Anak Internasional. Festival ini dilaksanakan pada hari Minggu, 01 Juni 2014 dan bertempat di Rektorat UNY. Kegiatan ini mengusung tema ‘Asyiknya Berkebun’. Dalam acara ini dilaksanakan berbagai lomba antara lain mewarnai, melukis, menari kreasi baru, dan kreasi kertas koran. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 150 anak dari berbagai SD di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara yang diadakan oleh HIMA KAMPUS III tersebut dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan awal dimulai dengan sambutan dan pemukulan gong oleh Dekan dari Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Haryanto, M.Pd. dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba mewarnai, melukis, menari kreasi baru, dan kreasi kertas koran. Peserta yang mengikuti berbagai macam lomba tersebut diberikan durasi selama 2 jam. Antusiasme tidak hanya ditunjukkan oleh peserta lomba tetapi juga para orang tua atau wali pun turut meramaikan acara ini, karena dilihat dari tempat yang digunakan juga tergolong strategis dan sejuk untuk melaksanakan lomba bagi anak-anak usia SD. Semua pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh panitia, antara lain taman bermain, foto booth, berbagai stand makanan minuman, dan tentunya tempat yang teduh dan sejuk.

Acara Festial HAI diakhiri tepat saat jam menunjukkan pukul 13.00 WIB. Acara berakhir  dengan pengumuman pemenang lomba mulai dari melukis, mewarnai, menari, dan kreasi. Suasana menjadi semakin meriah dan menegangkan ketika MC akan menyebut salah satu nama pemenang. Bahkan kebahagiaan dan tangis harupun menyelimuti setiap kemenangan yang didapatkan oleh peserta lomba. Pada akhir pelaksanaan lomba juga dibagikan 1000 bibit tanaman gratis bagi para pengunjung maupun peserta lomba. (fah/ant)