FGD Penguatan SPMI Fakultas

Rabu (16/3) Penjaminan Mutu Universitas bersama Penjaminan Mutu Fakultas melaksanakan FGD tentang penguatan SPMI Fakultas di ruang sidang I FIP UNY. Acara ini dipandu oleh Ibu Serafin Wisni Septiarti M.Si. selaku perwakilan dari Penjaminan Mutu Universitas. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada penjamu Universitas telah melaksanakan kegiatan penguatan SPMI Fakultas. Beliau menyambut baik acara/program seperti ini. Jika pertanggungjawaban secara keuangan sudah ada SPI sebagai satuan pengawas Internal, untuk hal akademik sebagai kontrol pertanggungjawaban ada SPMI (Standar Penjaminan Mutu Internal). Ke depannya, laporan dekan akan berbasis mutu sesuai standar penjaminan mutu.

Acara penguatan SPMI Fakultas oleh Dr. Sudiyatno, M.E. selaku kepala penjaminan mutu Universitas Negeri Yogyakarta. Menyampaikan bahwa salah satu kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari emonev keterlaksanaannya SPMI. Hasilnya beragam dari fakultas-fakultas baik dari sisi jumlah, struktur, pembiayaan, dan lain-lain. Dengan FGD Penguatan SPMI Fakultas ini diharapkan ada kesesuaian antara penjaminan mutu Universitas dengan penjaminan mutu Fakultas.

SPMI mengacu pada SNPT (Sandar Nasional Pendidikan Tinggi) dari Kemenristek, dan SN Dikti (Standar Minimal) dari Kemenristekdikti No 44/2015. Pedoman SPM (Dikti 2014), dan kegiatan SPMI (Permendikbud Nomor 50/2015). Hal ini baru dilaksanakan di tingkat Universitas, harapannya di Fakultas mempunyai standar yang berbeda-beda antar Fakultas. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu internal UNY sesuai dengan peraturan rektor UNY nomor 06 Tahun 2012. Dengan penguatan SPMI Fakultas diharapkan tim penjaminan mutu fakultas segera memiliki kelengkapan struktur organisasi, memiliki deskripsi tugas masing-masing, menyusun rencana kegiatan dan anggaran. Setelah materi disampaikan, acara dibuka forum diskusi dan tanya jawab. Kemudian Acara diakhiri dengan berdoa. (siw/ant)