FIP Peduli dan Berbagi: Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Senin (12/5) Dengan mengambil tema “FIP Peduli dan Berbagi: Peningkatan Kualitas Pembelajaran”, FIP UNY kembali tampil di Jogja TV di segmen Teras Jogja. Acara ini dipresenteri oleh Risa Kamida. Tampil sebagai nara sumber Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto,M.Pd., Kajur KTP Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si. dan Kajur PPB Fathur Rahman, M.Si. Mengambil tempat di Lobby Jogja TV, siaran on air ini dilaksanakan dari pukul 16.00-17.00 wib.

Selama ini FIP sebagai Perguruan Tinggi yang aktivitasnya dibingkai dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Dharma yang kedua yaitu Penelitian dan Pengabdian. FIP memiliki peran yang cukup penting dalam rangka Peduli dan Berbagi. Dalam aktivitas penelitian yang dilakukan oleh banyak Dosen FIP terinspirasi dari masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Hasil dari penelitian tersebut dapat menyelesaikan masalah-masalah atau setidaknya mengidentifikasi masalah untuk kemudian dicarikan solusi. Ini menunjukkan upaya FIP dalam rangka peduli dan berbagi, ungkap Dekan FIP Dr. Haryanto, M.Pd.

Ditambahkan lagi untuk pengabdian masyarakat FIP selalu ikut berpartisipasi untuk terjun langsung ke lapangan seperti pada acara Baksos dalam rangka Dies Natalis UNY EMAS. Para jajaran Pejabat dari FIP bahkan Guru Besar melewati lorong-lorong Kelurahan Pringgokusuman Yogyakarta untuk menemui langsung warga yang berhak mendapatkan santunan sosial dan memberikan langsung pada yang bersangkutan. Disini dapat diambil makna  dan merupakan suatu hal yang tak terlupakan bahwa di tengah kota sekalipun terdapat masyarakat yang hidupnya berada di bawah garis kemiskinan.

Kemudian untuk peran FIP dalam menyiapkan tenaga pengajar sejauh ini telah memberi kontribusi nyata untuk mencetak Guru Professional. Mereka harus memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi professional, kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dalam hal kompetensi pedagogic dan kepribadian, FIP yang memberikan sentuhan pada calon guru. Karena dengan mata kuliah dasar kependidikan, FIP lah yang menyiapkan dan mengembangkan untuk mencetak pendidik yang baik.(ant)