FIP UNY BEKERJASAMA DENGAN LPPKS GELAR DIKLAT ASESOR BAKAL CALON KEPALA SEKOLAH DAN DIKLAT PENGAJAR PENGUATAN KEPALA SEKOLAH

Fakultas Ilmu Pendidikan UNY melalui Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) merintis kerjasama kelembagaan dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). Sebagai dampak dari adanya kerjasama tersebut, pada Desember 2017 telah dilaksanakan Diklat Master Trainer untuk Calon Kepala Sekolah. Diklat yang dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu tersebut diikuti oleh sebagian besar dosen FIP UNY serta dua orang pengawas dari Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai tindak lanjut dari Diklat Master Trainer tersebut, diselenggarakanlah Diklat Asesor Penilaian Potensi Kepemimpinan Bakal Calon Kepala Sekolah (PPK BCKS) selama 4 hari dari tanggal 17 sampai dengan 20 September 2018 di Hotel UNY. Diklat yang diikuti oleh sekitar 24 orang dosen UNY tersebut bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk penilaian potensi kepemimpinan bakal calon kepala sekolah (PPK BCKS). Guna mendukung pencapaian tersebut, peserta diklat diberikan materi yang terdiri atas prosedur dan tata laksana PPK BCKS serta penilaian dan pelaporan PPK BCKS, yang disampaikan oleh dua orang narasumber Bapak Jaryanto, S.Pd., M.Si. dan Endang Prabandari, M.Pd. berlangsung dengan aktif partisipatif dan andragogy, materi diklat disampaikan tidak hanya melalui ceramah, namun juga simulasi, praktik, dan penugasan. Disamping sebagai transfer of knowledge dan values, penyelenggaraan diklat asesor ini juga merupakan salah satu syarat bagi UNY agar dapat berpartner dengan LPPKS sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD).

Diklat asesor ini selanjutnya disambung dengan TOT Pengajar Diklat Penguatan Kepala Sekolah. TOT pengajar diklat penguatan kepala sekolah ini tidak hanya diikuti oleh dosen FIP UNY, tapi juga oleh tiga orang pengawas dan satu orang dosen swasta. Berlangsung selama tujuh hari dari tanggal 24-30 September 2018, TOT ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta untuk dapat menjadi pengajar dalam diklat penguatan kepala sekolah. Masih dengan pendekatan dan metode yang sama, para peserta dibekali dengan materi kepemimpinan dan manajemen sekolah. Berperan sebagai instruktur dalam diklat ini dr. Waryono dari LPMP DIY dan Rubiyatno, M.Pd. dari Disdikpora DIY. (pan/ant)