Jelajah Ilmu Mahasiswa dan Dosen UKM Malaysia ke Indonesia

Acara yang bertajuk Jelajah Ilmu ini diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen University Kebangsaan Malaysia Jurusan Pendidikan Khas. Mereka tinggal di Indonesia mulai tanggal 30 Juni 2013 sampai dengan tanggal 5 Juli 2013. Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNY yang menjadi tuan rumah untuk menjamu 37 orang tamu tersebut.

Kehadiran peserta jelajah ilmu di UNY  disambut oleh Ketua Jurusan PLB yaitu Dr. Mumpuniarti, M.Pd. dan  Dekan FIP UNY Dr. Haryanto, M.Pd. Sedangkan dari pihak UKM sambutan disampaikan oleh Dr. Safani Bin Bari.  Setelah acara pembukaan berlangsung dilanjutkan dengan Jurnal Club yang membahas  tentang isu terkini dalam pelaksanaan pendidikan khusus baik di Indonesia maupun Malaysia dengan narasumber Dr.Ishartiwi, M.Pd, dari UNY dan Dr. Mohd Hanafi Bin Mohd Yasin dari UKM.

 Tujuan kedatangan dari University Kebangsaan Malaysia adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan khusus di Indonesia serta belajar kebudayaan Indonesia. Mereka juga mengelilingi kampus untuk mengetahui fasilitas di UNY. Tidak hanya di UNY mereka juga mengunjungi SLB Kannamanohara dan Panti Rehabilitasi di Pundong Bantul.

Agar dapat lebih mendalami para mahasiswa tersebut tinggal di Desa Wisata Brayut yang terletak di Pandowoharjo Sleman. Kegiatan belajar budaya dilakukan dengan cara live in  bersama penduduk sekitar didampingi mahasiswa HIMA PLB. Selain itu mereka juga belajar untuk bermain permainan tradisional serta memainkan alat music tradisional Jawa yang disebut gamelan.

Pada puncak acara tanggal 4 Juli 2013 seluruh mahasiswa UKM dan UNY yang terlibat dalam kegiatan Jelajah Ilmu ini saling unjuk kebolehan dalam acara malam kebudayaan yang dilaksanakan di Joglo Desa Wisata Brayut pada pukul 19.30 – 22.00 WIB.  Acara ini sekaligus sebagai penutup kegiatan jelajah ilmu dan bertujuan agar  para peserta dapat saling mengenali  kebudayaan negara lain. Kesenian yang dipentaskan berupa tari – tarian tradisional Malaysia yang dipentaskan oleh mahasiswa UKM, dan tembang jawa, lagu Indonesia, serta geguritan yang dipentaskan oleh mahasiswa PLB FIP UNY. Acara malam kebudayaan diakhiri dengan menyanyikan lagu “Laskar Pelangi” bersama – sama seluruh peserta jelajah ilmu. (ant/ami)