Jurnal Club BK FIP UNY bersama Pakar Statistik

Senin (25/3) Laboratorium Bimbingan dan Konseling  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan Jurnal Club. Dengan mengangkat tema “Penentuan Variabel Penelitian dan Analisis Statistik”, Laboratorium BK FIP UNY menghadirkan seorang pakar statistik, Ali Hasmy, M.Si., sebagai pembicara.

Jurnal Club kali ini bertujuan untuk membantu kawan-kawan mahasiswa dalam memahami variabel penelitian dan bagaimana menganalisisnya secara statistik. Kegiatan yang diadakan di Ruang Sidang 1 FIP UNY tersebut mampu menarik minat mahasiswa dan diikuti kurang lebih 50 peserta.

Catur Baimi S, salah satu peserta Jurnal Club mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut memberinya manfaat. Usai mengikuti Jurnal Club, mahasiswa BK tersebut berkomentar dengan wajah yang antusias. “Sangat mendukung perkuliahan,” kata Catur.

 Peserta dalam Jurnal Club tidak terbatas hanya oleh mahasiswa BK saja. Terdapat pula mahasiswa dari program studi  bahkan fakultas lain di UNY, program pascasarjana UNY, bahkan dari IKIP PGRI Wates. Sulung Wicaksono adalah salah satu dari belasan peserta yang berasal dari IKIP PGRI Wates. “Materinya sangat menarik. Dapat menambah wawasan mengenai penelitian, khususnya untuk skripsi saya,” kata Sulung. Dia kemudian menambahkan saran agar kuota peserta Jurnal Club ditambah agar semakin banyak mahasiswa yang dapat mengakses pengetahuan melalui kegiatan tersebut.

Jurnal Club merupakan program yang diadakan secara berkala. Semua kritik dan saran pasti akan dijadikan pertimbangan dalam menyelenggarakan Jurnal Club berikutnya. (rima/ant)