Karakter Positif Mahasiswa Merupakan Bekal di Masa Depan

Sikap atau karakter positif mahasiswa merupakan faktor penting untuk kesuksesan di masa depan. Oleh karenanya, mahasiswa perlu mengembangkan sikap positif dalam keseharian, seperti pengelolaan diri, empati dan peduli pada lingkungan di sekitarnya, mengembangkan komunikasi, dan sebagainya. Pesan tersebut disampaikan oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. dalam materi Pengorganisasian Diri dalam Bidang Akademik dan Organisasi, pada kegiatan LKMM TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tinggkat Dasar) dalam Organisasi Mahasiswa FIP UNY pada Sabtu- Minggu 13-14 April 2013. Dekan FIP menambahkan bahwa para pengurus ORMAWA memiliki kesempatan lebih besar dibanding mahasiswa lain yang tidak aktif dalam kegiatan di ormawa. Sikap atau karakter positif mahasiswa juga searah dengan visi pendidikan yakni pendidikan untuk menuju bersih, disiplin, dan jujur.

Materi kegiatan LKMM TD meliputi materi manajeman organisasi, diantaranya adalah: pengorganisasian diri, analisis lingkungan internal-eksternal, motivasi berorganisasi, pengambilan keputusan dan manajemen konflik, public speaking dan komunikasi, dan materi teknis pengelolaan organisasi kemahasiswaan.

Pada hari ke dua, mahasiswa/i mendapat melaksanakan outdoor activity untuk melatih kekompakan, kerjasama dan untuk bisa lebih mengenal teman di lain program studi.  Selanjutnya penyampaian materi Visi Misi dan kebijakan Ormawa dari Heri Maulana, M.Pd. Dilanjutkan dengan Koordinasiprogram kerja bersama antar Ormawa di FIP untuk tahun 2013 oleh ketua BEM, Isna Hidayat.

Setelah mengikuti kegiatan LKMM TD ini diharapkan para pengurus ORMAWA bisa mengelola organisasinya dengan baik. Selain itu, diharapkan juga ormawa dengan pengelola fakultas bisa bekerjasama dan berkomunikasi secara sinergis untuk bersama-sama mewujudkan visi-misi FIP. (aini/ant)