KB Pedagogia FIP Raih Juara I “DOLANAN ANAK”

Selasa (28/4) Dalam rangka melestarikan budaya yang sarat dengan muatan filosofi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY mengadakan kegiatan pembinaan kreativitas PAUD Nonformal. Salah satu kegiatan yang digelar adalah lomba dolanan anak yang diselenggarakan pada hari selasa tanggal 28 April 2015 bertempat di ruang tari SMK N I Kasihan Bantul.

Lomba dolanan anak menghadirkan 3 orang juri yang ahli dalam bidangnya. Salah satunya Bapak Saridal, guru dan praktisi dolanan anak dari Tamansiswa. Peserta yang mengikuti lomba dolanan anak ada 4 PAUD non formal dari kabupaten dan 1 dari kota yang ada di DIY.

KB Pedagogia sebagai wakil dari kota Yogyakarta berhasil meraih juara I dalam lomba tersebut. KB Pedagogia dibawah pimpinan Nuwu Nungsih, S.Pd dengan guru pembimbing Maria Widi Astuti, S.Psi menampilkan dolanan dakon, engklek, lumpatan, dan jamuran yang dimainkan oleh 8 anak dengan rentang usia 3-4 tahun. Beberapa dolanan di atas dipilih karena mengandung unsur sportifitas, yaitu ada yang menang dan kalah. Penampilan dolanan anak kemudian dipadukan dengan lagu dan property bernuansa pedesaan. Diharapkan lomba-lomba semacam ini dapat merangsang kreativitas guru dan pendidik, menanamkan pendidikan karakter dan budaya Jawa pada anak. (widi/ant)