Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat FIP UNY

Kamis (28/11) Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan kawasan binaan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY tahun 2013, mengambil tema “Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Pendidikan” dilaksanakan di kecamatan Pengasih, kabupaten Kulonprogo, DIY. Bertempat di Wisma Dharmais Pengasih Kulonprogo, acara ini diikuti sebanyak 63 peserta  acara ini dimulai dari pukul 08.30 – selesai.

Dalam acara pembukaan, diawali dengan sambutan dari Kepala UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Pengasih, Bapak Drs. Supriyadi yang mewakili PLH Kadinas Pendidikan Kulonprogo dimana dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama yang telah dijalin selama dua tahun ini, karena adanya sentuhan dari perguruan tinggi akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas SDM, mengingat keterbatasan dari sumberdaya yang ada di tingkat kecamatan.

Dilanjutkan sambutan dan pengarahan dari Wakil Dekan I FIP UNY, Bapak Dr. Sugito, MA, menyatakan bahwa kegiatan pengembangan wilayah binaan sebagai upaya mendekatkan diri  perguruan tinggi dengan masyarakat sehingga filosofis perguruan tinggi sebagai menara gading terpatahkan diganti dengan filosofis perguruan tinggi sebagai menara air yang lebih memberi manfaat kepada masyarakat, juga  Oleh karena itu pihak fakultas juga mengharapkan kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini bisa berkelanjutan serta mengharapkan para peserta dapat memanfaat kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, lebih-lebih materi sosialisasi kurikulum 2013 bagi guru SD merupakan sesuatu yang baru, karena tidak semua guru mengetahui tentang kurikulum 2013, padahal akan segera diterapkan pada semua jenjang pendidikan termasuk SD.

Hadir sebagai narasumber Implementasi Kurikulum 2013 yaitu Woro Sri Hastuti, M.Pd menyampaikan materi terkait “Pendekatan Scientific dan Implementasinya di SD”, Dr. Ch. Ismaniarti, M.Pd., menyanpaikan materi terkait Model – model pembelajaran kooperatif, Sekar Purbarini K., M.Pd., menyampaikan workshop penyusunan RPP dan penyampaian materi Workshop Penyusunan Media Pembelajaran.

Sedangkah narasumber Pelatihan Pengembangan RPI dan PPI yaitu, Dra. Farida Harahap, M.Si., menyampaiakan materi Performance Guru SLB, Drs. Heri Purwanto, menyampaikan Program Pembelajaran Individual, Dra. Endang Supartini, M.Pd menyampaiakan Rancangan Pembelajaran Individual bagi ABK, Dra. Purwandari, M.Si dan Dra. N. Praptiningrum, M.Pd menyampaikan latihan Penyusunan RPI.

Narasumber pelatihan pengelololaan Perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat yaitu, Hiryanto, M.Si menyampaikan materi Meningkatkan Minat Baca, Setya Raharja, M.Pd., dan Sutiman, M.Pd menyampaiakan Pembinaan Minat Baca di Perpustakaan Sekolah dan TBM, Meilina Bustari, M.Pd menyampaiakan Pengelolaan Koleksi perpustakaan. (rit/ant)