Kemeriahan Ke 2 Festival Hari Anak PGSD Kampus 3 UNY

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMA PGSD) Kampus 3 Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan Festival Hari Anak. Setelah tahun sebelumnya sukses menyelenggarakan Festival Hari Anak yang bertempat di halaman rektorat Unversitas Negeri Yogyakarta, tahun ini HIMA PGSD Kampus III menyelenggarakan Festival Hari Anak di UPP 2 UNY jalan Bantul 50 Yogyakarta. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Minggu 31 Mei 2015, dengan mengusung tema “ Warna – Warni Budaya Negeriku : Jogja Istimewa”. Kegiatan Festival Hari Anak diselenggarakan oleh HIMA PGSD kampus 3 untuk memperingati Hari Anak Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Festival Hari Anak diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai SD se-DIY. Terdapat berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam yaitu Menggambar, Mewarnai, Pidato Bahasa Jawa, dan Menari. Peserta Festival Hari Anak tahun ini melebihi peserta FHA tahun pertama. Dibuka pada pukul 07.45 oleh Ketua HIMA PGSD Kampus 3 dengan melepas balon bertuliskan FHA#2 bersama dengan para peserta. Selanjutnya peserta di arahkan menuju tempat pelaksanaan kegiatan masing-masing. Dalam kegiatan tersebut panitia juga mengapreiasi peserta dengan memberikan trofi dan hadiah bagi karya karya terbaik. Bahkan untuk Tari Tunggal dan Tari Kelompok terbaik, mendapatkan Trofi dari Gubernur DIY dan Trofi dari Walikota Yogyakarta. Panitia mendatangkan dewan juri dari orang-orang yang bergerak di bidang seni di DIY dan Dosen dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Kegembiraan terpancar dari wajah-wajah peserta dan orang tua yang mendamping acara tersebut. Terlebih ketika pengumuman hadiah dan trofi bagi karya karya terbaik.

Ketua Pelaksana Festival Hari Anak, Rian Chandra Purnama menyampaikan bahwa selain untuk memperingati Hari Anak Se-Dunia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan Kampus 3 UNY pada masyarakat dan logo baru Jogja pada anak usia Sekolah Dasar. Menurut Ketua HIMA PGSD Kampus 3 Agung Pratama Putra Festival Hari Anak diselenggarakan sebagai perhatian Mahasiswa PGSD untuk mengapresiasi ekspresi dan bakat dari anak usia Sekolah Dasar dibidang Seni. Karena pada usia Sekolah dasar adalah masa emas perkembangan anak.

Adapun para pemenang lomba tersebut yaitu untuk lomba sesorah juara 1 diraih oleh Afieda Fathia Ni'mah dari SD jageran, juara 2 Naja Priska Larasati dari SD Sumber Agung, dan juara 3 Maria Omega Putri dari SD N Ngawen. Untuk lomba mewarnai juara 1 Alya Rahmasari dari SD Keputran A, juara 2 Kireina Alifia Melody dari SD Muhammadiyah Sukonandi, dan juara 3 Tiara Lestari dari SD Banjarharjo. Lomba menggambar juara 1 Rafli Dani Indrawan dari SDNMejing 2,juara 2 Aditya Difa A. dari SD MuhammadiyahBantul Kota, dan juara 3 Nur Tahira Rahmawati dari SD Keputran A. Untuk lomba tari individu juara 1 diraih olehQuency Nagisa Mafta Ramadani dengan nama Tari Cilinaya dari SD N Maguwoharjo, juara 2 Rauzan Kusuma Nareswara dari SD N Sorogenen 1, danjuara 3 Errina Putri Widyawati dari SD Kanisius Notoyu serta untuk tari grup juara 1 bernama tari mbok tenong dari SD MuhammadiyahSuronatan, juara 2 tari ikan dari SD Gentan danjuara 3 tari ngrengkuh dari SD Timuran. (ag/ant)