Kita Bisa Seperti ini Karena FIP UNY, Buka FIP UNY Bisa Seperti ini Karena Saya

Sabtu (13/8) Fakultas mengadakan acara Malam Renungan Dies Natalis ke-66 FIP UNY yang dilaksanakan di Ruang Abdullah Sigit FIP. Acara yang bertema “Kita Bisa Seperti ini Karena FIP UNY,  Buka FIP UNY Bisa Seperti ini Karena Saya” diawali dengan sambutan Ketua Dies Natalis Sugiyanto, M.Si, yang mengungkapkan bahwa kegiatan malam renungan ini merupakan rangkaian kegiatan Dies FIP Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun.

Kekhidmatan malam renungan ditandai dengan diputarnya film pendek FIP dari masa ke masa yang mampu membawa para dosen dan karyawan yang hadir pada malam itu larut dalam kenangan masa silam saat menyaksikan tokoh-tokoh Fakultas Ilmu Pendidikan mulai era 1960-an. Terlebih lagi kenangan-kenangan tersebut semakin diperkuat oleh bapak dan ibu sesepuh atau senior yang turut hadir malam itu seperti Ibu Prof. Dr. Siti Partini Suwardiman, Ibu Prof. Sutari Imam Barnadib, Ibu Dra. Mudjiah, Bapak Prof. Drs. Chomaidi, Bapak Drs. Iksan Waseso, Ibu Dra. Hartati Sukirman, dan lain-lain.

Dalam film tersebut juga dihadirkan beberapa opini dosen-dosen terkait berbagai harapan dan doa kepada fakultas tercinta untuk terus bertumbuh dan berkembang menjadi fakultas yang berjaya. Refleksi merupakan acara inti pada malam renungan Dies Natalis ke-66 FIP UNY. Hadir sebagai moderator adalah Bapak Wakil Dekan I, Dr. Suwarjo M.Si., dimana acara refleksi malam itu menampilkan Ibu Prof. Dr. Siti Partini Suwadiman, Bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, dan Bapak Dr. Muh. Farozin, M.Pd. ketiga tokoh yang dihadirkan tersebut menceriterakan kembali bagaimana perjalanan karier beliau masing-masingsaat pertama kali bergabung ke FIP UNY.

Selepas acara refleksi berakhir kemudian dilanjutkan oleh sambuan Bapak Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. yang pada intinya menegaskan bahwa waktu terus berubah, namun ada suatu hal terkait nilai-nilai mendasar yang perlu kita semua teladani dari para senior-senior kita, yakni bahwasanya bekerja semestinya dilandasi dengan ketulusan, kerendahan hati, dan keikhlasan dengan demikian kita harus tetap istiqomah karena pada hakekatnya bekerja adalah bukan semata-mata karena uang. Tidak semua jenis pekerjaan harus diukur dengan uang karena manakala kita mengukur segala sesuatunya dengan uang maka lambat laun  kemerosotan kualitas pekerjaan akan terjadi.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng menambah rangkaian acara sebagai simbol selebrasi malam renungan dalam rangka Dies ke-66 FIP UNY. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua Senat FIP UNY, Prof. Dr. Suparno kemudian diserahkan kepada Bapak Dekan FIP UNY, yang kemudian oleh Bapak Dekan diserahkan kembali kepada Prodi Pengunduh Dies FIP kali ini yaitu Prodi Bimbingan dan Konseling, Bapak Fathur Rahman, M.Si.  Malam renungan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Amir Syamsudin, M.Ag. (yant/ant)