KREATIVITAS DAN INOVASI MAHASISWA PGSD FIP UNY DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn DAN IPS

Kamis (10/1), Mahasiswa program studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNY menyelenggarakan pameran media pembelajaran di Gedung Laboratorium PGSD dengan tema "Kreasi Karya Indonesia, Karya Edukasi dalam Keberagaman Budaya". Menurut ketua panitia kegiatan Farida Kurniawan, pameran ini bertujuan untuk menampilkan hasil studi mahasiswa PGSD dalam mata pelajaran PPKn dan IPS. “Kami membawa 65 media untuk untuk dipamerkan dari 4 kelas PGSD” katanya. Mahasiswa PGSD angkatan 2016 tersebut menjelaskan bahwa mata pelajaran PPKn dan IPS bersifat abstrak, oleh karena itu guru SD perlu diberi inspirasi terkait media pembelajaran agar dapat menjelaskan dengan baik dan mudah dipahami oleh siswa. Dalam pameran ini guru SD bisa melihat secara langsung bahan ajar yang dipamerkan sekaligus bisa berkonsultasi tentang materi, bahkan media tersebut juga bisa dibeli lewat pemesanan.

Dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Haryanto, M.Pd., yang mengatakan bahwa pameran ini juga bisa menjadi klinik pembelajaran bagi mitra kerja atau para guru. “Tidak hanya media pembelajaran melainkan juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), karena pengembangan RPP ini ditunggu para guru” ujar Haryanto.  “Mitra kerja juga bisa hadir untuk sharing masalah pembelajaran”. Harapannya pameran ini dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan keilmuan tidak hanya PGSD namun juga program studi yang lain.

Menurut dosen pengampu mata kuliah PPKn, Wuri Wuryandari kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin sebagai tugas akhir pengembangan mata kuliah PPKn dan IPS dan juga mengusung pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain. “Media yang dipamerkan juga dilengkapi dengan perangkat pembelajaran seperti RPP dan perangkat penilaian” kata Wuri. Ditambahkannya bahwa hasil karya yang dipamerkan merupakan murni karya mahasiswa dan akan diusulkan mendapat Hak Atas Karya Intelektual (HAKI). Wuri berkeinginan agar kreativitas dan inovasi yang dikembangkan mahasiswa PGSD dapat berlanjut saat terjun ke lapangan kelak. 

Salah satu pengunjung, Keisya, gembira bisa mencoba berbagai macam permainan dalam media pembelajaran. “Saya bisa belajar tentang Pancasila, agama dan budaya” kata siswa SDN Deresan I Sleman tersebut. (Dedy/rit)

 

Lihat di sini video kreasi dan inovasi media pembelajaran mahasiswa PGSD FIP UNY