Kunjungan Mahasiswa PLB FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Senin (4/5) salah satu layanan yang sering dilakukan oleh setiap fakultas disuatu universitas adalah menerima kunjungan. Dalam kesempatan kali ini FIP UNY sebagai tuan rumah menerima tamu dari salah satu Universitas Negeri yang ada Banten. Tamu yang berkunjung kali ini adalah Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurusan yang baru berdiri di FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini menyempatkan berkunjung ke FIP UNY dalam rangka studi banding dan silaturahmi. Sebagai Jurusan yang baru berdiri di FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merasa perlu untuk menimba ilmu untuk pengembangan Jurusan. Sebelum berkunjung ke FIP UNY, rombongan melakukan kegiatan kunjungan di SLB yang ada di Yogyakarta untuk melihat secara riil kebutuhan pengembangan dilapangan. Untuk melengkapi kegiatan kunjungannya kemudian rombongan berkunjung ke Jurusan PLB FIP UNY untuk melihat kegiatan akademik dan program kerja kemahasiswaan sebagai bahan pengembangan jurusan kedepannya.

Penyambutan rombongan berlangsung di ruang Abdulah Sigit FIP UNY dan di awali oleh sambutan Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. Beliau memaparkan secara detail profil, sejarah, fasilitas dan seluk beluk yang ada di FIP UNY. Sambutan dekan diakhiri dengan pemutaran video profil FIP UNY. Dalam kegiatan tersebut hadir pula Wakil Dekan II, Kabag TU, Ketua Jurusan PLB, serta Staff Dosen PLB FIP UNY. Kegiatan kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Jurusan PLB FKIP UNTIRTA, Dr. John Fahamzah, M.Hum. Beserta dalam rombongan juga hadir Sekretaris Jurusan dan staf dosen PLB UNTIRTA beserta 43 mahasiswa. Dalam kesempatan sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada FIP UNY yang telah menyambut baik rombongan. Beliau menyampaikan harapannya dalam kesempatan studi banding ini, sebagai jurusan yang baru lahir dapat melecut motivasi untuk berkembang dimasa mendatang, dan kepada staf dosen dapat sharing dan menimba pengalaman dari FIP UNY serta bagi mahasiswa dapat menimba pengetahuan dan pengalaman dari organisasi kemahasiswaan ditingkat jurusan. Beliau juga menyampaikan selaku jurusan yang baru mohon sharing arahan mengenai program-progam pengembangan mahasiswa sehingga cepat membaca peluang dan tantangan yang ada dilingkup pendidikan luar biasa. Kegiatan diakhiri penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak dan photo bersama dengan rombongan.

Dalam sesi berikutnya dilanjutkan dalam forum diskusi dengan pihak Jurusan dan HIMA PLB FIP UNY. Forum diskusi diawali oleh pengantar dari ketua Jurusan PLB FIP UNY, Dr. Mumpuniarti, M.Pd. dengan ucapan selamat datang dilanjutkan dengan perkenalan dengan staf karyawan dan dosen Jurusan PLB. Penyampaian profil jurusan diawali sejarah, profil staf dosen, mahasiswa, prestasi mahasiswa, output lulusan dan seluk beluk Jurusan sesuai dengan Profil yang telah dirumuskan. Forum diskusi dilanjutkan dengan dialog tanya jawab tentang organisasi kemahasiswaan yang ada di Jurusan PLB. Forum diskusi ini juga diisi oleh Wakil Dekan II, Sungkono, M.Pd., Pembimbing Kemahasiswaan Jurusan PLB, Aini Mahabbati, MA, Ketua beserta Staf HIMA. Forum yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini sangat meriah dan diikuti secara antusias oleh mahasiswa dan dosen dari Jurusan PLB FKIP UNTIRTA. Kegiatan kunjungan studi banding ini diakhiri dengan mengunjungi fasilitas Laboratorium PLB FIP UNY. (yay/ant)