LOTEC Berhasil Membawa 3 Mahasiswi FIP Presentasi Paper di Universitas Airlangga Surabaya

3 Mahasiswi FIP yaitu Farihda Muthmainnah (PGSD), Maulida Fitriyani (PGSD), dan Irma Meilina Nurfajriati berhasil lolos Paper dalam acara Communication Student Summit (CS2) yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga pada tanggal 24-25 Mei yang lalu. Pada kesempatan itu, ketiga mahasiswi ini tergabung ke dalam satu kelompok. Mereka mempresentasikan paper mengenai inovasi teknologi pada mobile phone. Inovasi ini diberi nama LOTEC (Login Protection).

Lotec merupakan aplikasi mobile yang bertujuan untuk membatasi penggunaan game pada siswa sekolah dasar. Sistem kerja dari aplikasi ini layaknya keyword atau password menggunakan pertanyaan SD sebagai kunci membuka aplikasi. Paswoord akan muncul sebelum game dimainkan. Ketika anak usia sekolah dasar ingin memainkan pertanyaan, maka mereka harus mampu menjawab pertanyaan yang tertera pada layar. Jika anak mampu menjawab pertanyaan dengan benar, maka mereka dapat memainkan game tersebut. Namun, jika mereka menjawab salah pertanyaan, maka mereka tidak bisa masuk untuk memainkan game.

Kegiatan peresentasi Paper dilaksanakan di Kampus C Universitas Airlangga pada hari Sabtu, 24 Mei 2014. Tiga mahasiswi PGSD FIP ini mempresentasikan paper mereka bersama 17 tim lain dari seluruh Indonesia. “Ini merupakan kegiatan yang sangat bagus dalam meningkatkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa di bidang teknologi, mengingat kemajuan teknologi semakin pesat” ujar Farihda. Hari berikutnya dilanjutkan dengan mengikuti Konferensi Nasional Communication Student Summit (CS2). (fah/ant)