Mahasiswa Harus Kreatif dan Inovatif

Demikian yang disampaikan oleh Dekan FIP Dr. Haryanto, M.Pd dengan didampingi oleh WD III, Dr. Suwarjo. M.Si. pada pembukaan Softskill Leadership dan Enterpreneurship yang dilaksanakan di hari yang berbeda yaitu Jumat 29 November dan Sabtu 7 Desember 2013. Mahasiswa berkesempatan mendapatkan arahan dari dosen pendamping mahasiswa seperti Hermanto, M.Pd, Aprilia Tina, M.Pd, Sukinah, M.Pd, Dr. Iis Prasetyo, MM, Sisca Rahmadonna, M.Pd dsb.

Pada bagian kepemimpinan, Hermanto, M.Pd menjelaskan bahwa mahasiswa harus fokus menjadi seorang pemimpin yang baik, sehingga diharapkan mahasiswa berfikir seperti seorang pemimpin, senantiasa berpikir ke depan, memiliki visi, misi dan mampu mengelola organisasi dengan baik, mampu merencanakan serta merealisasikan impian dalam betuk nyata, mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, serta memiliki karakter dan  jiwa kepemimpinan. Didukung dengan games “Negara” tentang bagaimana mengelola sebuah komunitas besar untuk mencapai visi misi mereka. Games ini dibimbing oleh Dr. SUwarjo, M.Si. dan Unik Ambarwati, M.Pd.

Kemudian pada bagian kewirausahaan, Tejo Nurseto, M.Pd dan Penny Rakhmawaty, M.Si. hadir untuk memberikan mindset pada mahasiswa untuk tidak hanya memiliki kemauan menjadi pengajar, akan tetapi juga wirausaha. Beliau berdua juga memberikan dorongan bahwa menjadi wirausaha membutuhkan kreatifitas dan kemauan untuk selalu bangkit dari segala keterpurukan.

Kemudian kegiatan diisi dengan materi yang dikemas dalam bentuk permainan-permainan, sehingga peserta terlihat sangat antusias dan tidak merasa bosan hingga akhir kegiatan. Salah satu games yang diberikan adalah games kewirausahaan. Dimana peserta diberikan kebebasan untuk berkreasi apapun dengan menggunakan sedotan. Pada permainan ini, secara tidak langsung peserta belajar membuat rencana, merealisasikan rencana dalam kelompok (cooperative) dan saling mempengaruhi untuk mewujudkan rencana yang mereka susun. (ant)