MAHASISWA PLB JUARA III LKTI TINGKAT JAWA FKIST UIN 2014

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta raih juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Jawa FKIST 2014. FKIST RC 2014 merupakan kompetisi penulisan karya tulis ilmiah tingkat regional,  dilaksanakan dalam cakupan se-Jawa. Kompetisi penulisan karya tulis ilmiah ini diselenggarakan sebagai salah satu program kerja unggulan Forum Kajian Islam Sains dan Teknologi (FKIST) Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada kesempatan ini lomba mengangkat tema “Kontribusi Pemuda dalam Pengokohan Jati Diri Bangsa untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2015”. Lingkup bidang dalam perlombaan ini adalah Bidang Pendidikan, Bidang Sosial dan Budaya, Bidang Ekonomi, Bidang Sains dan Teknologi. Tim UNY yang beranggotakan Murti Sarining Laras (Mahasiswa PLB), Hesvia Nurfadillah (Mahasiswa PLB), dan Awal Bakhtera Suhiyar (Mahasiswa Elektro) dengan pembimbing Sukinah, M.Pd. menciptakan sebuah media pembelajaran berbasis audio dan taktual untuk anak tunanetra dalam menciptakan generasi insan Islami. Media tersebut berupa “Bules” Buku Braille Shalat dengan Output Suara sebagai Inovasi Media Pembelajaran Shalat bagi Anak Tunanetra berhasil membawa juara III LKTI FKIST UIN Sunan Kalijaga 2014.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) FKIST UIN Sunan Kalijaga 2014 diikuti oleh peserta dari berbagai instansi, baik instansi pendidikan maupun non-pendidikan. Kemudian 10 finalis terbaik mempresentasikan karyanya di depan dewan juri. Pelaksanaan presentasi dilaksanakan pada Sabtu, 27 Desember 2014.  Lomba Karya Tulis Ilmiah FKIST UIN Sunan Kalijaga 2014 dengan perolehan juara I dari tim mahasiswa Institute Teknologi Surabaya, juara II dari tim mahasiswa Universitas Diponegoro, dan juara III dari tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Juara harapan I dari tim mahasiswa Universitas Padjajaran, dan juara harapan II dari tim mahasiswa Universitas Brawijaya. (msl)