Mahasiswa Psikologi UNY ikuti ASEAN Islamic Economic Summit 2017, Malaysia

Mahasiswa Psikologi UNY ikuti ASEAN Islamic Economic Summit 2017, Malaysia

Sumarti Miharjo mahasiswi tahun angkatan 2015 Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengikuti konferensi ASEAN Islamic Economic Summit 2017 di International Islamic University Malaysia (IIUM), Gombak, Malaysia. Konferensi tersebut diselenggarakan oleh Asean Youth Development Center, sebuah organisasi yang digerakkan oleh talenta-talenta muda dari berbagai universitas di ASEAN, salah satunya Indonesia.

Sumarti menjelaskan, “mengikuti acara ini selain sebagai ajang memperkenalkan jurusan Psikologi UNY ke delegasi lain dari universitas dan negara yang berbeda, pengetahuan mengenai ekonomi di ASEAN saat ini bisa menjadi salah satu referensi real dalam mata kuliah psikologi sosial mengenai masyarakat dalam hal ekonomi maupun yang tertarik untuk melanjutkan profesi psikologi ekonomi di masa mendatang”. “Mengikuti kegiatan ini, menumbuhkan kepercayaan diri dan tidak ada cita-cita yang kecil, yang ada adalah jiwa yang kerdil yang terlalu naif untuk menjalankan proses dengan sabar dan gigih”, tambahnya lagi

Kegiatan yang diselenggarakan pada 28 Februari sampai dengan 4 Maret 2017, terdiri dari seminar, presentasi makalah, city tour dan company visit. Adapun tema presentasi yang telah dipaparkan oleh Sumarti yaitu Human Resource Management In Current Era berisi tentang masalah sumber daya manusia dalam suatu perusahaan berasal dari latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan posisi jabatan pekerjaan, sehingga perusahaan memiliki resiko lebih besar dalam hal finansial berupa pemberian latihan dan pengembangan maupun resiko loyalitas dimana pekerja hanya sekedar memiliki tujuan tersendiri.

Dalam Presentasi Essay, setiap delegasi diberikan waktu 10 menit dengan jumlah slide presentasi maksimal 5 menit dan waktu 5 menit untuk tanya jawab. Peserta yang lolos, dilanjutkan ke pemilihan best essay. Sumarti berhasil menjadi finalis best essay, namun belum berhasil menjadi best essay menjadi pengalaman tersendiri untuk Sumarti.

Kemudian acara dilanjutkan City tour yang dimulai dari Batu Caves, sebuah tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari kampus IIUM Gombak. Di Batu Caves terdapat sebuah Gua yang merupakan kuil Hindu terpopuler di luar India, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Menara Kembar Petronas. Esok hari agenda selanjutnya adalah company visit yaitu yang mengunjungi Bank Negara Malaysia, dan Islamic Development Bank (IDB). Putrajaya dan Merdeka Square menjadi tempat kunjungan perjalanan company visit yang terakhir. (uti-yul.tj/ant)