MAHASISWA UNY RAIH JUARA 2 LKTI INNOVATION CONTEST (ICON) 2016

Mahasiswa UNY kembali menorehkan prestasinya dalam event berskala nasional yaitu dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Innovation Contest 2016 yang diselengarakan oleh UKMF Penelitian KRISTAL Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Jumat, 20 Mei 2016. Dalam event tahunan yang mengangkat tema “Strategi Pembangunan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Mandiri 2025” ini, delegasi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menyabet prestasi gemilang, yakni memperoleh juara ke-2 dari 15 besar tim delegasi dari penjuru Indonesia lainnya.

Tim ini digawangi oleh 3 orang mahasiswa dan 1 dosen pembimbing, yakni Sayidatul Maslahah (Pendidikan Luar Biasa 2014) sebagai ketua, Iqbal Debi Amzah (Pendidikan Mekatronika 2014), dan Muhammad Lutfil Hakim (Pendidikan Mekatronika, 2014) dengan dosen pembimbing Aini Mahabbati, S.Pd. M.A. yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Dalam kesempatan kali ini, delegasi UNY ini mempersembahkan karyanya yaitu “Money Tool”.

Suatu perjuangan yang tidak mudah bagi tim untuk berhasil meraih juara tersebut, dimulai dari proses pengiriman abstrak, penyusunan proposal, pembuatan Money Tool, uji coba ke SLB A Yaketunis hingga saat presentasi yang semuanya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit.

Dalam hal ini, tim mengaku kejuaraan ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena lawan-lawan yang hadir dalam kompetisi ini sangatlah berat yakni Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Negeri Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Udayana Bali, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pembangunan Veteran dan Universitas Negeri Yogyakarta. Sementara juara pertama diraih tim Universitas Gadjah Mada dan juara ketiga diraih oleh tim dari Universitas Malang. (ant)