Mahasiswi PGSD Turut Berpartisipasi di LKTI Universitas Jember

Tiga mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta berhasil lolos menjadi  finalis lima belas besar dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi (LKTI BM) di Universitas Jember. Mahasiswi tersebut ialah Farihda Muthmainnah, Roh Dinia Wati dan Niken Retno Purwandari. Lomba karya tulis tersebutbertemakan “Build Indonesian with Creativities and Innovation’s Agent of Change to People Have a Dedicate, Sociality and Technology”. Kompetisi karya tulis ilmiah LKTI BM 2015 baru pertama kali diadakan, namun telah mendapat respon yang baik dari mahasiswa bidikmisi se-Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan 80-an karya yang masuk hanya diambil 15 karya terbaik untuk dipresentasikan di Universitas Jember.

Lomba yang diselenggarakan pada tanggal 10-11 Januari 2015 diikuti oleh peserta dari berbagai institusi seperti Universitas Diponegoro, Universitas Ganesa Singaraja, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tanjungpura, ITS, Universitas Airlangga, Universitas Hasanudin, Universitas Jambi dan Universitas Jember sendiri. Lomba karya tulis ini diselenggarakan oleh Pamadiksi (Paguyuban Mahasiswa Bidikmisi) Universitas Jember untuk memperingati Dies Natalis yang ke-50.

Pelaksanaan presentasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Januari 2015 di Gedung Mas Soerachman Universitas Jember. Tim dari UNY mempresentasikan karyanya tentang permainan edukatif bagi siswa SD kelas tinggi melalui kartu bahasa Jawa. Di mana di dalam kartu tersebut, terdapat gambar, kalimat acak dan aksara Jawa. Perolehan juara lomba karya tulis ilmiah ini antara lain juara I dari tim mahasiswa Universitas Brawijaya, juara 2 dari tim mahasiswa ITS dan juara 3 dari tim mahasiswa Universitas Diponegoro.(rd/ant)