Mengenal dan Mencegah Kanker Sedini Mungkin

Semua jenis penyakit yang teijadi pada tubuh manusia selalu diawali dengan suatu proses, proses terbentuknya kanker memerlukan waktu yang cukup lama, kebanyakan berlangsung selama 15-25 tahun. Melalui beberapa fase (inisiasi, promosi, progress). Kemudian biasanya ditandai dengan munculnya benjolan, ungkap Danang Nurcahyo, SKM dari Yayasan Peduli Kanker Indonesia. Beliau didatangkanuntuk memberikan penyuluhan tentang kanker, terutama kanker payudara, kanker serviks dan kanker prostat.

Acara yang dihelat oleh Dharma Wanita Persatuan FIP UNY dibuka oleh Dr. Suwarjo , M.Si. mewakili Dekan FIP ini diadakan dalam menyambut hari ibu.  Mengambil tempat di Ruang Sidang I FIP UNY, acara ini diikuti sekitar 30 anggota DWP FIP UNY. Ditambahkan lagi bahwa keberhasilan penyembuhan kanker sangat tergantung dari stadium atau tingkat kanker pada saat ditemukan/didiagnosa. Oleh karena itu, deteksi dini dan pengobatan yang cepat dan tepat oleh para ahli sesuai bidangnya sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan

Dijelaskan pula beberapa faktor penyebab kanker yaitu faktor keturunan (Genetik), faktor lingkungan, faktor makanan. Beberapa cara sehat menghindari kanker seperti mengurangi Karsinogen, memperbanyak Anti Oksidan seperti sayur mayur: brokoli, sawi hijau, pare, tomat, wortel, seledri, kenikir, daun pepaya, kacang2an Lauk pauk : tempe kedelai, ikan laut segar. Kemudian Buah-buahan : pepaya, apel, anggur, pear, melon, semangka, jambu biji merah (minum susu kedelai). (ant)