Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling – Universitas Negeri Malang

Sabtu (28/10), 7 orang mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNY yaitu Ina Ismi Fatmawati, Sufi Hindun Juwita, Arif Adamas, Lia Rofiatun, Latifia Nazalati, Ardina Elly Elisa dan Muhammad Danang Bintang Chasanda mengikuti Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling 2017 di Malang, Jawa Timur. Olimpiade bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang ini dihadiri oleh sekitar 250 peserta dari 19 Universitas di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan daya juang diantara mahasiswa BK diberbagai universitas di Indonesia serta meningkatkan kompetensi BK menuju profesionalisasi konselor dalam menjalin hubungan dan kerjasama yang baik antar instansi.

Bertempat di Aula Gedung E1 dan Gedung D2 Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Bimbingan Konseling (BK) FIP UM. "Tidak hanya dituntut memiliki hard skill, tetapi juga memiliki soft skill. Salah satunya melalui olimpiade ini akan bisa memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berkompetisi menunjukkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki, tidak hanya lingkup dilingkungannya sendiri tetapi secara nasional." Buka Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd.

"Forum olimpiade ini sekaligus juga akan memberi sarana bagi para mahasiswa untuk berprestasi secara nasional. Saya harapkan melalui Olimpiade ini menjadi wahana, juga tidak hanya dituntut prestasinya. Akan tetapi aspek-aspek kepribadian yang lain, termasuk juga kejujuran, sportifitas, juga menjadi ajang kerjasama antar perguruan tinggi.” Tambahnya lagi.

Pada Olimpiade Nasional tersebut terdapat 3 cabang perlombaan yaitu Bimbingan kelompok, Konseling Individu dan Media BK berupa video edukasi.Kemenangan diraih Tim Media video edukasi BK UNY yang terdiri dari Ina Ismi Fatmawati, Sufi Hindun Juwita, Arif Adamas, Lia Rofiatun, dan Muhammad Danang Bintang Chasanda. Tim Media Video Edukasi BK UNY berhasil meraih peringkat II melalui 2 tahap yaitu babak penyisihan dengan mengunggah video ke laman Youtube dan babak final dengan mempresentasikan rasionalisasi pembuatan video edukasi yang berlangsung di Gedung D2 FIP Universitas Negeri Malang. Kemenangan tersebut menjadi prestasi indah bagi BK FIP UNY pada hari sumpah pemuda yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober.