P2M BEM FIP UNY di Kab Gunungkidul

Sejumlah 90 mahasiswa fakultas ilmu pendidikan yang tergabung dalam kepanitiaan Pelayanan Pengabdian Masyarakat (P2M) salah satu program unggulan Badan Eksekutif Mahasiswa FIP mengadakan pengabdian masyarakat di dusun Tompak, Giritirto, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Diantara agenda kegiatan mahasiswa tersebut yakni mulai dari pra acara dengan melakukan sosialisasi bahaya minyak jelantah yang disi oleh Diana, Ph.D dari dinas kesehatan dan sosialisasi PHBS oleh Darminto Aji dari UPT Puskesmas Purwosari. “P2M menyusun program diantaranya pra acara dengan melakukan sosialiasasi untuk lebih bisa menekankan bahaya tentang kesehatan, sosialisasi ini dilakukan dengan menganalisis kebutuhan masyarakat dusun Tompak mengenai menjaga kesehatan”, tutur WIldan selaku Ketua P2M FIP UNY

Acara yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 6 November 2016 ini diantaranya menyelenggarakan pengembangan potensi masyarakat dan khususnya potensi wisata. Selama 4 hari mahasiswa melakukan home stay sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat agar dapat membaur dan belajar dalam hidup bermasyarakat. Acara puncak yaitu menghadirkan Camat Kecamatan Purwosari dan Perangkat desa Giritirto sekaligus dihadir oleh jajaran Dekanat FIP. Acara ini dimeriahkan juga oleh siswa difabel untuk menampilkan bakat kemampuan mereka.

Secara simbolis Wakil Dekan III memberikan 200 bibit tanaman coklat kepada kepala desa Giritirto untuk dapat di tanam di dusun Tompak. “Acara P2M setiap tahun menjadi agenda program unggulan BEM FIP, namun tahun ini kami memiliki konsep tersendiri agar bagaimana pengabdian masyarakat tidak hanya kami lakukan secara ceremonial tetapi juga berkesinambungan, harapan kami dusun tompak dapat menjadi labpratorium kami dalam mengembangkan potensi kepekaan sosial mahasiswa”, tutup Bisma Apriliyanto, Ketua BEM FIP.