Pameran Kurikulum Pendidikan “Jelajah Dunia Tanpa Visa”

Kamis (11/12) Prodi PGSD FIP Kampus 2 UPP 1 UNY Jalan Kenari  mengadakan pameran pendidikan di berbagai negara. Pameran dilaksanakan di aula kampus 2 UPP 1 UNY. Acara ini merupakan agenda kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di UPP 2 Jalan Bantul. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa semester tujuh sebagai tugas mid semester mata kuliah Pengembangan Kurikulum yang diampu oleh Ibu Unik Ambarwati, M. Pd.

Terdapat sembilan stand pameran yang mengusung sistem pendidikan di 9 negara. Ada pun negara-negara yang diusung adalah Korea Selatan, Australia, Mesir, Inggris, Finlandia, Amerika Serikat, Jerman, Singapura, Jepang. Dengan mengangkat tema “Jelajah Dunia Tanpa Visa”, pengunjung disuguhkan oleh stand-stand kreatif yang menampilkan ciri khas masing-masing negara lengkap dengan costume play dan maskotnya. Setiap stand juga menyediakan pernak-pernik, aksesories, makanan, serta photo booth yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung secara cuma-cuma.

Pameran Pendidikan dibuka pukul 09.00 WIB ditandai penabuhan gong sebanyak 9x sebagai simbol 9 negara oleh Unik Ambarwati, M. Pd. Dalam sambutannya, Unik menjelaskan bahwa tujuan utama pameran pendidikan adalah untuk mengedukasi dan menginspirasi adik-adik tingkat sehingga dapat berkarya lebih baik lagi serta mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai sistem pendidikan di luar negeri. Sedangkan menurut Ketua Panitia Pameran, Siyang Nurhidayat, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menambah wawasan mengenai pendidikan di negara-negara lain.

Acara dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan Safitri Yosita Ratri, S.Si, M. Pd, M. Ed dan Arumi Savitri Fatimaningrum, S. Psi., M. A. Talkshow membahas mengenai pengalaman beliau ke luar negeri, tips dan trik ke luar negeri, serta perbedaan sistem pendidikan di Australia, Jepang, Cina, dan Eropa dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Di akhir acara, diumumkan penghargaan untuk masing-masing stand berdasarkan kategori yang sudah ditentukan sebelumnya. Stand terbaik jatuh kepada kelompok Finlandia yang menampilkan konten materi tentang sistem pendidikan terlengkap. Stand ter-ramai diberikan kepada kelompok Australia, Korea Selatan sebagai stand terkreatif, Mesir sebagai stand terinspiratif, Inggris sebagai stand ter-unyu, Amerika Serikat sebagai stand termewah, Jerman sebagai stand terfavorit, Singapura sebagai stand terkompak, dan Jepang sebagai stand terunik. (titik/ant)