Pelatihan Capacity Building bagi Dosen FIP UNY

Sabtu (21/11) Fakultas Ilmu Pendidikan UNY mengadakan Pelatihan Capacity Building bagi seluruh Dosen. Acara yang diadakan di Area Perkebunan Teh Tambi Wonosobo Jawa Tengah ini diikuti seluruh Dosen FIP UNY. Menghadirkan Drs. Maksum, M.Pd. yang merupakan alumni FIP jurusan Didaktik Kurikulum tahun 1980 dan kini menjadi staff pengajar di MAN Parakan Temanggung Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kinerja Dosen. Beliau juga menganjurkan agar lebih banyak lagi dosen yang ingin belajar di luar negeri.

Drs. Maksum, M.Pd memaparkan bahwa sebaik apapun seseorang, pasti ada yang menggunjing. Selalu saja ada orang yang tidak senang. Oleh karena itu seorang pengajar memang harus lebih bersabar dalam menghadapi orang lain, terutama mahasiswanya. Dosen sebaiknya memiliki karakter yang lebih kuat karena yang dihadapinya memiliki bermacam-macam karakter. Hal yang perlu menjadi catatan, seorang dosen haruslah menjadi teladan bagi semua anak didiknya.

Acara selanjutnya diisi oleh Dr. Suwarjo, M.Si dan Eva Imania Eliasa M, Si. yang memaparkan hasil kunjungannya ke National University Singapore dan Yala Rajabhat Thailand. Hal yang disampaikan antara lain mengenai situasi belajar mengajar, fasilitas yang dimiliki dan suasana yang dimiliki oleh kedua universitas ini. Hari selanjutnya diisi dengan kegiatan semi outbound yaitu jalan-jalan ke perkebunan teh sekaligus menyaksikan proses pembuatan teh di pabrik dari awal sampai akhir. Rombongan melanjutkan perjalanan ke Dieng untuk mengunjungi Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna. (ant)