Pelatihan Kehumasan dan Website di FIP UNY

Kegiatan Protokoler merupakan hal yang penting untuk karyawan karena dari tahun ke tahun angka kunjungan ke fakultas semakin tinggi. Peserta Pelatihan protokolan ini tidak hanya  untuk staff humas saja, melainkan mulai dari tukang parkir, cleaning service, satpam, admin dan karyawan lainnya berjumlah 55 orang. Hal ini perlu dikedepankan karena FIP banyak menerima tamu baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Disamping itu perlu pula adanya pelatihan fotografi yaitu dasar-dasar pengambilan gambar, demikian penuturan Dekan FIP UNY pada pembukaan pelatihan ini.

Pada materi keprotokoleran disampaikan oleh Dr. Anwar Efendi, M.Si  Kepala KHPP (Kantor Humas Promosi dan Protokoler) UNY. Pengertian Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. (UU No 8/1997 diperbarui UU No 9/2010).

Kemudian dijelaskan pula pentingnya protokoler yaitu adalah semata-mata untuk menjaga wibawa pemimpin,organisasi dan negara.  Baik dan/atau buruknya penyelenggaraan keprotokolan akan berimplikasi terhadap citra seorang pemimpin, citra suatu institusi/ organisasi dan citra suatu negara, tambahnya. Aspek penting pada protokoler meliputi  tata upacara, tata ruang ,tata tempat tata warkat dan tata busana.

Sesi selanjutnya diisi oleh Agus Riyanto, S.Pd dengan penjelasan dasar tentang ilmu fotografi. Ilmu dasar ini meliputi tata cara pemilihan objek, background dan tata cahaya. Selanjutnya dilaksanakan pelatihan Website yang disampaikan oleh Kuswari Hernawati, S.Si., M.Kom. Pelatihan ini membuka wawasan tentang pengeditan website, karena menurut Dr. Haryanto, M.Pd., website digunakan sebagai pintu pencitraan lembaga. (ant)