Pelatihan Peningkatan Kinerja Pegawai FIP UNY

Sabtu (28/9) Kegiatan pelatihan ini adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professionalisme para peserta yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan traits (sifat mendasar) dari individu yang meliputi aspek trust, belief, dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik. Pelatihan OutBound ini merupakan penyegaran jiwa bagi para peserta setelah sekian waktu bergelut dengan tugas-tugas rutinitas setiap hari, ungkap Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd pada pembukaan kegiatan Peningkatan Kinerja dan Motivasi Karyawan FIP.

Diikuti sekitar ekitar 90 an karyawan FIP UNY berkumpul di Kampus I FIP UNY untuk bersiap-siap berangkat menuju lokasi outbond yaitu kawasan wisata Benteng Van der Wijck Gombong. Rombongan berangkat pukul 07.30 WIB dan sampai di lokasi pukul 11.00 WIB. Setibanya di lokasi outbond, kegiatan dibuka dengan pengarahan kegiatan outbond yang disampaikan oleh koordinator instruktur outbond yaitu Dr. Suwarjo, M.Si. dan Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si. Rombongan karyawan FIP kemudian dibagi menjadi 6 kelompok untuk mempermudah koordinasi permainan outbond.

Ada berbagai permainan yang telah disiapkan oleh tim instruktur, diantaranya permainan perang “Negara”, memindahkan telur dengan tali, permainan kapal karam, dsb. Semua permaian tersebut membutuhkan kerjasama, ketelitian, kepercayaan antar peserta untuk memenangkan permainan.

Para karyawan begitu menikmati outbond ini karena dapat menjadi sarana rekreasi setelah beberapa waktu bekerja sekaligus makin mengakrabkan hubungan silaturahmi antar karyawan dari berbagai unit kerja yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan. Meskipun rasa lelah hinggap pada diri para karyawan namun senyum terkembang di bibir mereka. Acara outbond berakhir pukul 14.00 yang diteruskan dengan wisata ke pantai Ayah, Kebumen. (ant)