Pelatihan Penyusunan PKM Menumbuhkan Motivasi Kreatif dan Inovatif Mahasiswa

Senin (3/6) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program tahunan untuk menjaring mahasiswa yang berminat di bidang penulisan karya ilmiah, termasuk penelitian dan pengabdian masyarakat untuk berkompetisi. FIP UNY berusaha mendorong motivasi dan semangat mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam PKM melalui Pelatihan Penyusunan PKM pada Senin, 3 Juni 2013. Pelatihan ini wajib bagi mahasiswa penerima beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa), dan PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Acara yang dibuka oleh dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd dan WD III FIP UNY, Dr. Suwarjo, M.Si mengambil tempat di lantai 1 dan balkon lantai 2 Auditorium UNY dan dipenuhi sejumlah sekitar 730 mahasiswa semua jurusan di FIP UNY. Semua dosen pendamping mahasiswa terlibat dalam memberikan tutorial penulisan karya tulis. Pelatihan ini mencakup semua bidang PKM, yakni PKM P (Penelitian), PKM K (Kewirausahaan), PKM M (Pengabdian kepada Masyarakat), PKM T (Teknologi), dan PKM KC (Karsa Cipta).

Pada sesi pertama peserta diberi materi mengenai penggalian  ide oleh Hermanto, M.Pd.; prinsip penyusunan PKM oleh Sukinah, M.Pd; dan prosedur pengisian formulir online oleh Ilmawan, M.T. Peserta mengikuti dengan antusias, karena semua narasumber menyampaikan secara interaktif.

Sesi berikutnya adalah praktik menyusun out line PKM. Peserta dikelompokkan sesuai minat bidang PKM yang dipilih. Di dalam kelompoknya peserta diberi bimbingan langsung oleh dosen-dosen bidang kemahasiswaan dan mahasiswa-mahasiswa yang telah berpengalaman lolos PKM di tahun-tahun sebelumnya. Luaran dari kegiatan ini adalah karya otentik peserta dalam wujud outline karya PKM sesuai bidang yang diminati. (aini/ant)