Pelatihan PKM GT-AI FIP UNY 2012

Kamis 2 Februari 2012, sekitar 495 mahasiswa FIP dari berbagai jurusan dan berbagai angkatan, berpartisipasi dalam pelatihan PKM GT-AI (Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tulis-Artikel Imiah). Mereka tampak begitu antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Karena jumlah yang sangat banyak, mereka dibagi dalam 2 kelompok. 1 kelompok besar menempati Ruang Abdullah Sigit sedangkan 1 kelompok besar lainnya dipecah lagi menjadi 6 kelompok kecil untuk menempati ruang kelas. Acara dibuka oleh WD III FIP Bapak Dr. Suwarjo, M.Si kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bapak Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd.

Dalam kesempatan ini, Bapak Dekan menunjukkan apresiasi beliau karena banyaknya mahasiswa yang mendaftar program ini. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah meningkat pesat. Sementara Kasubag Kemahasiswaan, Bapak Maryoto SE menjelaskan memang ada peningkatan keikutsertaan mahasiswa sebanyak 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam acara ini, mahasiswa mendapatkan pengarahan tentang hal praktis dan teoritis mengenai pembuatan karya tulis. Motivasi dan dorongan untuk inovasi penulisan gagasan disampaikan oleh Bapak Hermanto, M.Pd. dan Bapak Nurtanio Agus P. M.Pd. Sedangkan untuk workshop disampaikan oleh sejumlah fasilitator dan nara sumber pelatihan PKM GT-AI  yaitu dosen-dosen FIP antara lain Amir Syamsudin, M.Ag, Unik Ambarwati, M.Pd, Dr. Ali Mustadi, M.Pd. beserta dosen lainnya. Lebih lanjut, hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan karya tulis yang dapat dilombakan pada PIMNAS 2012. (ant)