PEMANTAPAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA FIP 2011

Senin (23/05/2011) bertempat di ruang sidang I dan Ruang Abdullah Sigit, para mahasiswa yang proposalnya dinyatakan lolos mempresentasikan hasil karya mereka. Salah satunya adalah kelompok Dian Anggraeni dan kawan-kawan yang mempresentasikan tentang “Bakpia Jagung 9 Rasa”. Dian menuturkan bahwa kelompoknya ingin mengangkat nilai jual jagung dengan mengkreasikannnya  menjadi bakpia yang merupakan makanan khas jogja. Lagipula kandungan gizi yang terkandung dalam jagung juga tak jauh berbeda dengan kacang hijau yang selama ini menjadi bahan utama isi bakpia. Pertimbangan lain bahwa bakpia memiliki daya tarik tersendiri di jogja, sehingga dengan kreasi bakpia jagung 9 rasa diharapkan pemasaran produk akan mudah.
Kreativitas mahasiswa FIP telah dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi dalam program kreativitas mahasiswa (PKM), dimana kreativitas mahasiswa tak hanya di bidang pendidikan tetapi mencakup pula bidang sosial ekonomi yang diwujudkan dengan kreasi produk makanan. Ide-ide inovasi tersebut dituangkan dalam sebuah proposal yang harus dipresentasikan kepada para Dosen Pembimbing untuk meninjau kelayakan proposal tersebut. Adapun jumlah proposal PKM FIP yang telah disetujui dan nantinya akan didanai oleh Dikti yaitu 17 proposal.
Sementara itu, di ruang yang berbeda kelompok yang dipimpin oleh Tri Purwanti menuangkan ide kreativitasnya yang berjudul “Mengembangkan Moral dan Etika Anak-Anak Usia Dini Melalui Angkringan Gembira sebagai Taman Ria Gizi di Taman Kanak-Kanak”. Kelompok ini bertujuan untuk menanamkan sifat-sifat baik pada diri anak sejak usia dini tanpa ada paksaan, maka muncullah ide angkringan gembira ini. Dimana konsep angkringan ini membuat anak-anak merasa gembira saat menikmati makanan sekaligus belajar tentang kebersamaan, kedisiplinan, kerapian karena saat berada di angkringan ini anak-anak secara sadar meletakkan sepatu di rak dan makan bersama dengan teman tanpa gaduh.  
Itulah sekilas tentang ide-ide mahasiswa FIP yang berhasil diwujudkan, masih banyak ide-ide mahasiswa yang tak kalah mengagumkan. Diantaranya Susu Biji Nangka “beer” sebagai Susu Sehat Rendah Lemak, Pregnant Parenting Program For Parents: Program Pola Asuh Janin (anak dalam masa kandungan) di Tajem Baru Maguwoharjo Sleman dan lain-lain. Setelah presentasi proposal mereka, diharapkan akan ada perbaikan untuk menghadapi persaingan di tingkat universitas. (dk&zulfa)