Pemilihan Duta GenRe DIY Tahun 2018

Syifa Mutiara Rahma merupakan mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling UNY angkatan 2016 yang berhasil meraih juara 2 dalam ajang Pemilihan Duta GenRe DIY Jalur Masyarakat Tahun 2018. Pemilihan Duta GenRe DIY sudah menjadi ajang tahunan yang diadakan oleh BKKBN DIY. Pemilihan Duta GenRe DIY dibagi menjadi 2 jalur yaitu Jalur Pendidikan dimana peserta merupakan perwakilan dariPIK-Remaja yang berada Institusi Sekolah maupun Universitas dan Jalur Masyarakat yang peserta berasal dari perwakilan PIK-Remaja di lingkungan masyarakat. Pemilihan Duta GenRe ini dilakukan untuk mencari para remaja yang siap menjadi Role Model yang mengkampanyekan Program GenRe. GenRe merupakan singkatan dari Generasi Berencana, maksud dari BKKBN Nasional membentuk GenRe adalah untuk memberikan pembekalan pada remaja untuk mempersiapkan dan merencanakan kehidupan masa depan termasuk dalam pembentukan keluarga.

Proses yang dilalui untuk mengikuti Ajang Pemilihan Duta GenRe DIY ini tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tahap pertama yang dilakukan peserta adalah membuat buku profil diri dan video singkat yang menjelaskan kiprahnya di masyarakat. Lalu setelah melalui tahap ini dipilihlah beberapa finalis yang akan maju pada tahap selanjutnya. Di tahap kedua finalis melalui proses penampilan bakat dan presentasi kiprah di PIK-Remaja yang di saksikan seluruh finalis beserta dewan juri. Selanjutnya di tahap ketiga seluruh finalis melakukan pengabdian masyarakat di setiap Kampung KB yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. Finalis di bagi menjadi beberapa kelompok yang nantinya terjun ke Kampung KB dan melakukan “Bakti GenRe”. Setiap kelompok bebas menentukan apa saja agenda yang akan diberikan oleh kampung tersebut. Tahap terakhir dalam pemilihan Duta GenRe DIY ini yaitu acara grand final yang diadakan pada Minggu, 1 Juli 2018 pukul 09.00 WIB di Ramayana Ballet Purawisata. Di acara grand final seluruh finalis menunjukkan bakat di hadapan semua penonto yang hadir, lalu di pilih 15 besar finalis dari jalur pendidikan maupun masyarakat untuk menjadpatkan pertanyaan langsung dari dewan juri.

Dengan adanya pemilihan Duta GenRe DIY ini di harapkan para Duta yang terpilih dapat merangkul seluruh remaja yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bisa mengikuti program dari pemerintah khususnya dari bagian BKKBN. Remaja diharapkan bisa memenuhi 4 Substansi GenRe dan menghindari TRIAD KRR. Remaja dapat bergerak pada kegiatan positif yang dapat menunjang kehidupan dimasa depan. Dan dengan perencanaan hidup kedepan yang dilakukan sejak masa remaja, maka di masa mendatang akan terbentuk keluarga-keluarga di Indonesia yang bahagia dan sejahtera sehingga dari keluarga bisa membentuk generasi unggul yang dapat memajukan Indonesia. (mim/ant)