Pemimpin Harus Miliki Kompetensi Komunikasi

Di era serba instant ini, anak-anak muda harus mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin. Kepemimpinan itu adalah sebuah pengaruh. Sebagai sebuah pengaruh kepemimpinan ditopang oleh dua hal. Pertama, karakter. Kedua, kompetensi kepemimpinan. Salah satu kompetensi yang perlu dikuasai itu adalah komunikasi, buka Dwi Budiyanto, M.Hum. dalam Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa FIP UNY yang diadakan di Pendopo Utama Kawasan Puncak Becici, Dlingo Bantul.

Lebih lanjut Dwi mengatakan bahwa sebagai sebuah pengaruh, kepemimpinan tidak terbentuk secara instant. Proses kepemimpinan membutuhkan proses panjang. Itulah sebabnya, sedari muda sifat ini perlu ditumbuhkan. Jika tidak, ada saat ketika seseorang memimpin tapi tanpa pengaruh. Itu namanya pseudo-leadership. Ia hanya menjabat, tapi bukan memimpin.

Dwi menegaskan bahwa apapun yang terjadi, yang terpenting adalah proses, bukan hasil. Proses mengajarkan pada kita bagaimana menangani berbagai masalah, terutama masalah yang belum pernah kita alami. Hasil tanpa proses adalah Non Sense, tegas Dwi.

Kegiatan yang untuk pengurus organisasi mahasiswa FIP UNY periode 2018 ini diadakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (8-9) yang ini diikuti oleh 48 pengurus ormawa FIP UNY 2018.

Selain Dwi Budianto, materi mengenai kreativitas yang dibawakan oleh Dr. Hermanto, M.Pd., materi mengenai administrasi dan keuangan yang diisi oleh Budi Dwi Sulistyo dan materi mengenai manajemen diri yang dibawakan Deni Hardianto, M.Pd.Hari kedua peserta LKMM FIP UNY 2018 melaksanakan outbond yang digawangi oleh Wira Adventure. Outbound bertujuan untuk mengakrabkan dan melatih kerjasama antar-mahasiswa. (ant)