Pena Pemuda Indonesia

Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kampus Wates Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara Pena Pemuda Indonesia (PPI). Acara yang terdiri dalam beberapa rangkaian kegiatan ini menemui puncaknya pada Sabtu (26/10) di Aula Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Beberapa rangkaian kegiatan PPI adalah lomba karya tulis ilmiah bertajuk "Peran Pemuda sebagai Agent of Change dalam Mewujudkan Pendidikan Dasar yang Berkarakter", Seminar Nasional, dan pentas budaya.

Acara malam puncak PPI tersebut dibuka dengan talkshow mengenai kewirausahaan yang diisi oleh Ali Jufri, Ketua Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY. Dalam pemaparannya Ali Jufri mengajak mahasiswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaan untuk mendukung pembangunan Indonesia, karena sebuah negara maju membutuhkan 2% wirausaha dari jumlah total penduduk.

Pada puncaknya adalah adalah pengumuman lomba karya tulis ilmiah PPI yang diikuti oleh 15 tim finalis dari seluruh Indonesia. Lima belas finalis tersebut merupakan 15 tim terbaik hasil seleksi yang telah dilakukan oleh panitia PPI sejak Juli 2013. Tampil sebagai pemenang lomba karya tulis ilmiah adalah utusan dari Universitas Negeri Brawijaya, diikuti oleh utusan Universitas Negeri Yogyakarta, dan Institut Teknologi Surabaya. Acara ditutup dengan pentas budaya.(akbr/ant)