Penetapan Hari Lahir Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Sabtu 1 Januari 2011 selain terjadi uforia masyarakat dalam menyambut tahun baru, pada hari tersebut menjadi salah satu hari yang bersejarah karena di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY diadakan acara “Penetapan Hari Lahir Fakultas Ilmu Pendidikan UNY”. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dilaksanakan di lapangan hijau Kampus FIP UNY. Acara penetapan hari lahir Fakultas Ilmu Pendidikan UNY ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor UNY Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd.,M.A yang kemudian diberikan kepada Dekan FIP UNY Prof. Dr. H. Achmad Dardiri, M.Hum.
Acara tersebut dikemas dalam serangkaian kegiatan, dimulai dari kegiatan arisan Bakeda dan Pakar yang merupakan acara paguyuban dosen dan karyawan FIP UNY dalam menjalin tali silaturahmi dan kekerabatan. Acara Bakeda dan Pakar diisi dengan sambutan dari Ketua Bakeda, Bapak Sungkono, M.Pd. dan sambutan Ketua Pakar, Bapak Supaya, S.Pd. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi para mahasiswa yang berprestasi pada tahun 2010 dengan pemberian piagam penghargaan dan uang pembinaan.
Pukul 10.00 WIB acara dilanjutkan dengan acara inti, dimulai dari sambutan Ketua Panitia, Bapak Bambang Saptono, M.Si. yang merupakan Pembantu Dekan III FIP UNY. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan singkat mengenai sejarah FIP UNY oleh Dekan FIP, Bapak Prof. Dr. H. Achmad Dardiri, M.Hum. Dari sepenggal sambutan tersebut dapat diketahui bahwa tanggal 14 Agustus 1950 (de jur) keberadaan Bagian Pedagogik Fakultas SPF UGM) itulah merupakan hari lahir Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Kesepahaman ini dikukuhkan dengan Ssurat Keputusan Dekan FIP UNY tanggal 23 Desember 2010. Kesepahaman tersebut berdasarkan data yang ditelusur oleh Tim Pencari Data Sejarah Kelahiran Fakultas Ilmu Pendidikan UNY yang diketuai oleh Drs. Dwi Siswoyo, M.Hum. dengan anggota Drs. Sutiman, MPd. Dan Drs. Waluyo Adi, MPd. dalam tanggung jawab Drs. Tatang M. Amirin, M.SI.  selaku Pembantu Dekan II FIP UNY.
Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UNY, Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd,. M.A. yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Dekan FIP secara simbolik sebagai penetapan hari lahir Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Setelah itu, para tamu undangan dan civitas akademika FIP UNY dimanjakan dengan hiburan pagelaran wayang golek menak khas Yogyakarta. Pewayangan tersebut mengangkat lakon “Jumenengan Kerajaan Yunan” dengan dalang Ki Mas Bekel Suparman Cermo Baskoro (abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat) dari Sentolo Kulon Progo. (dk)