Pengajian dan Buka Bersama Keluarga Besar FIP UNY

Senin (29/6) Sebagai wujud dari pembinaan rohani dosen dan karyawan, Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan acara Pengajian dan Buka Bersama Keluarga Besar FIP UNY. Acara ini dihadiri oleh segenap civitas akademika FIP. Dalam sambutan Dekan, Dr. Haryanto, M.Pd, kebersamaan antara dosen dan karyawan dapat terjalin erat dengan adanya acara spiritual seperti ini. Sehingga secara tidak langsung dapat mewujudkan pelayanan prima karena sinergitas antara dosen dan karyawan akan terwujud. Acara Pengajian dan Buka Bersama yang diadakan di Abdullah Sigit Hall ini dibuka oleh pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Hadimin, S. Pd.

Acara ini menghadirkan Drs. KH Fathul Hilal sebagai pembicara yang mengangkat tema Abdan Syakuro yang artinya Hamba Allah yang banyak bersyukur. Tidak mudah untuk menjadi seorang Abdan Syakuro, karena kebanyakan orang bersyukur hanya melalui kata-kata saja. Sebagai contoh Nabi Muhammad SAW yang benar-benar bersyukur dengan cara menikmati sholat. Beliau menunaikan sholat seakan-akan itu adalah sholat terakhir dalam hidupnya.

Kemudian beliau menjelaskan hubungan Abdan Syakuro dengan Ulul Azmi. Ulul Azmi adalah sebuah gelar kenabian istimewa yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan khusus karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam menyebarkan ajaran tauhid. Mereka adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Isa, Musa dan Muhammad SAW. Tanpa adanya kesabaran, para rasul ini tidak bisa mencapai Ulul Azmi. Itulah sifat-sifat yang harus diteladani, meskipun memang tidak mudah dalam menjalaninya. Acara dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah. (ant)