Pengajian dan Buka Bersama Keluarga Besar FIP UNY

Selasa (8/7) Sebagai wujud dari pembinaan rohani dosen dan karyawan, Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan acara Pengajian dan Buka Bersama Keluarga Besar FIP UNY. Acara ini dihadiri oleh segenap civitas akademika FIP. Dalam sambutan Dekan, Dr. Haryanto, M.Pd, kebersamaan antara dosen dan karyawan dapat terjalin erat dengan adanya acara spiritual seperti ini. Sehingga secara tidak langsung dapat mewujudkan pelayanan prima karena sinergitas antara dosen dan karyawan akan terwujud. Acara Pengajian dan Buka Bersama yang diadakan di Abdullah Sigit Hall ini dibuka oleh pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu mahasiswa.

Menghadirkan Drs. KH Fathul Hilal sebagai pembicara. Beliau mengangkat tema Istiqomah.  Menurutnya, Istiqomah artinya Tegak, Lurus dan Benar. Maknanya ada 3 yaitu Istiqomah dalam Aqidah, dalam Ibadah dan Akhlak. Allah SWT mengajari kita agar kita berdoa mohon Istiqomah dan ini ditempatkan di surat Al-Fatihah. Beliau menganalogikan rutinitas adalah “mboseni” (membosankan) tapi  kesuksesan merupakan hasil dari rutinitas. Rutinitas yang dimaksud adalah dzikir atau wirid.

Diantara kalimat dzikir tersebut ada kalimat yang begitu penting yaitu Laa Ilaha Ilallah. Mengapa? Karena kalimat ini akan mempermudah kita dalam menghadapi akhir hayat. Karena alat pembuka pintu surga adalah Laa Ilaha Ilallah Muhammadur Rasulullah. Disamping kalimat yang lain kalimat ini paling afdhol. Amalan ini boleh diamalakan secara munfarid atau berjamaah, tambahnya.

Lalu Istiqomah dalam hal Ibadah yang diartikan penyembahan atau kebaktian. Ibadah ini banyak (haji, umroh, membaca mushaf, zakat, dll)  seperti analogi sapu lidi. Apabila tidak ada pengikatnya yaitu sholat fardhu lima waktu yang berkualitas (khusyu’) akan tidak ada gunanya. Jadikanlah sholat sebagai alat “pamitan” sehingga sholat akan lebih berkualitas. Kemudian Istiqomah Akhlak yang berbasis dari budi pekerti manusia yang beragama dan berakhlak. Acara dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah. (ant)