Peringatan Satu Tahun Jurusan Psikologi FIP UNY

Tidak terasa perjalanan Jurusan Psikologi sudah satu tahun. Sebagai jurusan baru di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta resmi berdiri berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 37/M/Kp/III/2015 tertanggal 20 Maret 2016. Jurusan ini diharapkan dapat menjalankan misi dengan baik dan profesional untuk menjadi lembaga Pendidikan Psikologi yang unggul. Untuk memperingati hari lahirnya  Jurusan Psikologi FIP UNY, maka keluarga besar Jurusan Psikologi FIP UNY melakukan serangkaian kegiatan dengan mengusung tema “Setahun Psikologi Berkarya”. Adapun beberapa program kegiatan yang dimotori Himpunan Mahasiswa Psikologi adalah Lomba Fotografi yang bertema kemanusiaan, Seminar Motivasi Berprestasi Gratis bagi siswa SMA, Pentas Seni Mahasiswa dan Bakti Sosial di UPT Panti Karya Dinas Sosial Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta.

Acara puncak yang diisi kegiatan pentas seni mahasiswa dihadiri oleh Bapak Dr. Haryanto, M.Pd selaku Dekan FIP UNY, Bapak Dr. Suwarjo,M.Si selaku Wakil Dekan Bidang I FIP UNY, Bapak Dr. Cepi Safruddin Abdul Jahar, M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang II FIP UNY, Dr. Rita Eka Izzaty, M.Si selaku Ketua Jurusan di FIP UNY, Bapak Ari Nugroho,S.H ketua UPT Panti Karya, Segenap Dosen Psikologi FIP UNY, dan perwakilan dari sponsor yang telah mendukung tersuksesnya acara ini. Berbagai sponsor yang telah mendukung acara yang ini adalahPT.Aseli Dagadu Jogja,Radio Persatuan Bantul,Tommy Sport, Pamella Supermarket, dan Percetakan Mangrove.

Kegiatan perayaan ulang tahun Jurusan Psikologi tersebut sangat diwarnai oleh kegiatan-kegiatan sosial sebagai ungkapan wujud rasa syukur atas berdirinya jurusan tersebut. Kegiatan Lomba Fotografi yang bertemakan Kebersamaan dalam Kemanusiaan diikuti oleh 18 peserta yang pemenangnya diumumkan pada acara puncak Pentas Seni Mahasiswa tanggal 19 Maret 2016. Selanjutnya acara penutupnya adalah dilakukan di UPT.Panti Karya pada tanggal 20 Maret 2016 dengan melakukan bakti sosial kepada masyarakat dengan menjual paket sembako murah dan barang hasil karya penghuni panti, serta melakukan kegiatan dengan warga Panti Karya untuk sebagai wahana ekspresi diri untuk warga panti.

Selama setahun berjalan, Jurusan Psikologi telah berkarya dengan menghasilkan penelitian oleh para dosen psikologi mencapai lebih dari 10 penelitian, 3 pengabdian masyarakat, 5 makalah yang masukProceeding International Conference, serta menjalin kerjasama dengan 6 lembaga dengan dipercaya melakukan proses rekrutmen 2 gelombang di Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Semarang, 1 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat dan beberapa sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh dosen saja, namun juga melibatkan mahasiswa. Untuk kegiatan mahasiswa psikologi sendiri,tahun lalu meskipun baru semester 1 sudah mencoba mengirim 2 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan tahun ini mencoba mengirim 5 artikel kategori PKM-GT, serta berbagai kegiatan pengembangan diri lainnya yang telah dilakukan mahasiswa sepertibidang olahraga, keorganisasian, seni dan kegiatan sosial. Harapan untuk tahun-tahun selanjutnya adalah dengan meneguhkan semangat kebersamaan dalam belajar dan berkarya, baik dari pihak dosen maupun mahasiswa dapat semakin mengembangkan diri untuk mencapai prestasi bersama. Dengan semangat kebersamaan tersebut, Jurusan Psikologi FIP UNY yakin akan menjadi lebih baik (Rit/Ris).