PG PAUD FIP UNY Gelar Seminar Pendidikan Tata Kelola dan Kegiatan Mahasiswa PG PAUD

Kamis (12/5) Hanya berselang satu jam setelah menggelar Festival Wayang  Bocah 2016, Jurusan PAUD langsung menghelat Seminar yang diikuti oleh 250 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Kegiatan ini sekaligus penandatanganan MoU Kerjasama antara PG PAUD FIP dengan PG PAUD UMC. Rombongan mahasiswa UMC didampingi oleh Wakil Rektor II UMC, Dekan FKIP UMC dan para dosen PAUD UMC.

Acara yang digelar di ruang Abdullah Sigit ini dibuka oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd dan Kajur PAUD UNY, Joko Pamungkas, M.Pd. Menghadirkan Narasumber Joko Pamungkas, M.Pd, Dr. Amir Syamsudin, M.Ag. dan Ika Budi Maryatun, M.Pd. Pembicara pertama menyampaikan Materi Sinergi Keterpaduan dalam Tata Kelola Manajemen dan Kegiatan Mahasiswa di Jurusan PAUD FIP UNY.  Joko menyampaikan bahwa Jurusan  PAUD FIP UNY  dipimpin oleh seorang Kajur dengan fungsi dan tugas pokok diantaranya menyelenggarakan administrasi kemahasiswaan, administrasi kepegawaian, merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan merancang kegiatan dan mengkoordinir pelaksanaan program penguatan kelembagaan program jurusan serta menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Kemudian Narasumber kedua Ika Budi Maryatun, M.Pd menyampaikan mengenai eksistensi Lab PG PAUD  yang akan memberikan bekal pengalaman yang sesungguhnya sebagai pendidik PAUD dan mengukur kompetensi pendidik yang dikuasai mahasiswa pada masing-masing mata kuliah praktik. Ika juga menjelaskan Lab School merupakan sekolah sebagai tempat mahasiswa mengaplikasikan teori praktik-praktik pengajaran (observasi, penelitian, magang).  Ada pula Ruang Musik yang digunakan untuk praktik bermusik, vokal, dan seni gerak, ruang Workshop untuk  mahasiswa praktik membuat berbagai media pembelajaran, alat main, dan ada Lab microteaching.

Kemudian Dr. Amir Syamsudin, M.Ag. menyampaikan materi mengenai Mekanisme Pelaksanaan PPL Mahasiswa PG PAUD. Amir menjelaskan mengenai urutan kegiatan, persiapan, pelaksanaan,  dan evaluasi PPL. (ant)