PGSD Fair 2015, Ajang Unjuk Bakat Siswa SD Se-DIY

HIMA PGSD Kampus II FIP UNY telah menyelenggarakan rangkaian PGSD Fair 2015. PGSD Fair merupakan salah satu program kerja tahunan dari HIMA PGSD Kampus II. Tahun 2015 ini, PGSD Fair merangkai dua acara besar yaitu Festival Seni Anak dan Merah Putih Futsal dengan animo peserta yang luar biasa. “PGSD Fair 2015 mengangkat tema “Merah Putih di Dadaku, Bhinneka Warnai Bangsaku” dengan harapan selain untuk meningkatkan kreativitas dan sportivitas anak SD se-DIY, namun juga meningkatkan rasa nasionalisme,” tutur Bayu Prasetyo Nugroho, Koordinator Umum PGSD Fair 2015. Tahun 2015 ini, PGSD Fair memperebutkan Piala Gubernur DIY, Piala Walikota Yogyakarta, Piala Dekan FIP UNY, dan Piala HIMA PGSD Kampus II FIP UNY.

Dibuka oleh Pendamping Mahasiswa Kampus II, Ibu Haryani, M.Pd., rangkaian acara yang pertama yaitu Festival Seni Anak SD Se-DIY terlaksana pada tanggal 18 Oktober 2015 bertempat di Kampus Karangmalang FIP UNY. Festival Seni Anak terdiri dari lomba Menyanyi Tunggal, lomba Vokal Grup, lomba Deklamasi, dan lomba Melukis Kategori A dan B. Bertempat di Lapangan Hijau FIP UNY, lomba Vokal Grup yang diikuti oleh 8 grup dan dijuarai oleh Syavilla Swara. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Menyanyi Tunggal yang diikuti oleh 30 anak dan dijuarai oleh Muhammad Farhan Maulana, siswa kelas V SD Muhammadiyah Sukonandi. Di Ruang Abdullah Sigit, lomba Deklamasi diikuti oleh 30 peserta dan berhasil dijuarai oleh Zulfa Nafisah Marwa dari SD Muhammadiyah Kauman. Sedangkan di Taman Pancasila, lomba Melukis diikuti oleh sekitar 50 anak dan menghasilkan juara di dua kategori. Kategori A yaitu diikuti oleh siswa kelas I-III dijuarai oleh Bilqis Aisha Qanitah, siswa kelas I SD Muhammadiyah Sleman, sedangkan kategori B yaitu yang diikuti oleh siswa kelas IV-VI dijuarai oleh Satria Galang Pratama. Festival Seni Anak menghadirkan Stephanie Emanuela, juara Menyanyi Tunggal FSA 2014, dan ditutup dengan penampilan kembali oleh Muhammad Farhan Maulana, juara Menyanyi Tunggal FSA 2015.

Berlanjut pada rangkaian acara yang kedua yaitu Merah Putih Futsal yang terlaksana pada tanggal 24-25 Oktober 2015 bertempat di Galaxy Futsal. Merah Putih Futsal atau lebih sering disebut MPF merupakan ajang lomba futsal tahunan bagi seluruh tim futsal SD se-DIY. Jika pada dua tahun sebelumnya ajang ini bernama Elementary School Futsal Competition (ESFC), tahun ini kami mengambil nama MPF karena disesuaikan dengan tema dan peserta yang mengikuti. Hari pertama, pada tanggal 24 Oktober 2015, babak penyisihan diikuti dengan kuota penuh yaitu 24 tim futsal SD dilaksanakan di dua lapangan. Masing-masing lapangan memperebutkan juara-juara grup yang akan melaju di babak perdelapan final pada hari selanjutnya. 

Hari kedua, delapan juara grup bertanding memperebutkan empat tiket semifinal. Tim futsal yang berhasil masuk semifinal adalah SD N Ungaran, SD Muhammadiyah Sukonandi, SD N Tegal Panggung, dan SD Muhammadiyah Karangkajen. Dengan pertarungan yang sengit, akhirnya tim futsal dari SD Muhammadiyah Sukonandi berhasil menyabet gelar Juara 1 Merah Putih Futsal. Juara II diraih tim futsal SD Muhammadiyah Karangkajen, juara III diraih oleh tim futsal SD N Tegal Panggung, dan juara IV diraih oleh tim futsal SD N Ungaran, serta top scorer berhasil direbut oleh Farhan Arif Musthofa dari SD Lempuyangan 1. Rangkaian acara PGSD Fair 2015 ditutup dengan pemberian piala oleh Wakil Dekan III FIP UNY, Bapak Suwarjo, M.Si. kepada tim futsal SD Muhammadiyah Sukonandi. (krtka/ant)