PPB Expo 2015

PPB Expo merupakan serangkaian kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Tahun ini HIMA PPB mengadakan sebuah inovasi baru, yaitu membuka serangkaian kegiatan PPB Expo dengan menyelenggarakan acara berupa Opening Ceremony PPB Expo 2015. Inti dari acara opening ini adalah untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan dalam serangkaian PPB Expo yang akan dilaksanakan selama bulan November.

Selain itu, dalam kegiatan opening yang diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Oktober 2015 mulai pukul 09.00-13.30 di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY, juga ada pemilihan Duta BK UNY 2015. Duta BK UNY diikuti oleh 17 perwakilan kelas yang merupakan non-pengurus himpunan dari angkatan 2012 sampai angkatan 2015.

Duta BK UNY bertujuan untuk memfasilitasi teman-teman mahasiswa BK yang berbakat dan berwawasan. Pemenangnya nantinya akan menjadi icon BK UNY ketika mengadakan atau mendapatkan kunjungan dari universitas lain. Sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu, ‘Generasi Muda BK Berwawasan, Berbakat, dan Berbudaya’. Aspek penilaian Duta BK UNY 2015 ini meliputi wawasan tentang isu-isu terkini yang ada di Indonesia, wawasan tentang ke-BK-an, bakat, attitude, dan penampilan. Juri dari pemiliha Duta BK UNY 2015 ini adalah Eva Imania Eliasa, M.Pd, Dr. Budi Astuti, M.Si, dan Dr. Diana Septi Purnama.

Di awal acara, 17 finalis diminta catwalk di atas karpet merah untuk menunjukkan penampilan mereka dengan dresscode batik seperti yang sudah ditentukan oleh panitia. Kemudian babak pertama, yaitu mengenai wawasan Indonesia. Adapun penilaian Duta BK yaitu mengenai wawasan Indonesia. Finalis diminta menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh tim pembuat soal. Soal-soal tentang pendidikan, budaya, politik, ekonomi dan sosial secara acak dipilih oleh finalis, dan mereka menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 2 menit. Selanjutnya finalis juga diminta menampilkan bakat apapun yang mereka miliki. Ada yang menampilkan tari tradisional, akustik, pidato berbahasa Jawa, nyinden Sunda, monolog dan sebagainya. Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan kepada pemenang Duta BK UNY 2015 adalah gratis studi komparatif ke Bandung, sertifikat, trophy dan uang pembinaan. (himppb/ant)