PPB FIP UNY Terima Tamu dari Universitas PGRI Banyuwangi dan UPI Bandung

Senin (16/2) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan menerima tamu dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. Pada sambutan pembuka Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaannya memilih jurusan PPB FIP UNY sebagai tujuan kunjungan Universitas PGRI Banyuwangi dan Universitas Pendidikan Bandung. Dalam sambutannya beliau menerima hangat kepada setiap para tamu kunjungan sebagai komitmen fakultas untuk berbagi ilmu dan bentuk silaturahmi antarlembaga. Selanjutnya ditayangkan profil FIP UNY sebagai tampilan bagaimana FIP UNY dengan slogannya : Never Ending To Grow", diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari masing-masing lembaga.

Untuk Universitas PGRI Banyuwangi, acara diisi dengan Pelatihan Konseling Individual. Menurut definisi, konseling individu yaitu merupakan salah satu pemberian bantuan secara perseorangan dan secara langsung. Dalam cara ini pemberian bantuan dilakukan secara face to face relationship (hubungan muka ke muka,atau hubungan empat mata) antara konselor dengan individu yang terjadi ketika seorang konselor bertemu secara pribadi dengan seorang siswa untuk tujuan konseling. Ini adalah interaksi antara konselor dan konseli dimana banyak yang berpikir bahwa ini adalah esensi dari pekerjaan konselor. Pelatihan ini disampaikan oleh Dr. Suwarjo, M.Si., Sugiyatno, M.Si., Isti Yuni Purwanti, M.Pd., Nanang Erma Gunawan, M.Si., dan Eva Imania Eliasa, M.Pd.

Kemudian pada hari Selasa (17/2) Jurusan PPB FIP UNY kembali menerima kunjungan dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Kedatangan rombongan mahasiswa BK UPI ini untuk berdiskusi antar mahasiswa mengenai masalah yang timbul dalam HIMA. (ant)