Relawan Pendidikan FIP UNY beraksi di Kampung Keparakan

Minggu (17/5) Relawan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan perdananya di Kampung Kerajinan Keparakan daerah Kali Code Yogyakarta. Kegiatan di Minggu pagi diawali dengan senam. Masyarakat Keparakan berbondong-bondong memadati kampung untuk menghadiri kegiatan perdana Relawan Pendidikan ini. Tim Relawan Pendidikan yang beranggotakan 20 orang turun dan membaur dengan warga sekitar. Warga sangat menyambut baik kedatangan Relawan Pendidikan. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang mengikuti acara senam mulai dari lansia hingga anak-anak.

Selain senam pagi, Relawan Pendidikan juga menyelenggarakan kegiatan perlombaan untuk anak-anak di  halaman depan SD N Kintelan 2 Yogyakarta. Pukul 08:30 WIB pendaftaran peserta lomba dibuka. Baru saja dibuka antusiasme anak-anak di Kampung Keparakan tidak dapat dibendung. Hal ini dapat dilihat dari begitu banyaknya anak-anak yang antri untuk mendaftarkan diri. Lomba yang diselenggarakan adalah lomba menangkap ikan dan lomba mewarnai gerabah.

 

Alvian (Ketua RT 57 Keparakan, Kali Code) ikut memantau kegiatan yang diselenggarakan oleh Relawan Pendidikan. Tidak ketinggalan, Gunartih Sedyaningsih (Ketua PKK RW 12) turut serta juga dalam memantau kegiatan ini.

“Kondisi sosial masyarakat dari segi ekonomi banyak yang menengah ke bawah, kalau dari segi pendidikan lulusan SMP dan SMA masih banyak namun yang lulusan Perguruan Tinggi sedikit. Dari segi pekerjaan, karena orang tuanya sudah lelah bekerja maka kadangkala  kurang dapat memantau dan mengajari anak-anaknya untuk belajar”, tutur Alvian.

“Anak anak itu minim sekali kegiatan yang positif, kegiatan yang menghibur dan positif. Harapan saya, ini bagian dari stimulus untuk pengembangan minat dan bakat anak. Tapi yang jauh lebih penting adalah ini momentum yang benar-benar menyadarkan bahwa pendidikan bukan tanggung jawab sekolah saja akan tetapi masyarakat dan orang tua di sini juga”, tambahnya.

“Untuk Relawan Pendidikan FIP UNY, semoga bersabar dan tetap bertahan. Ini ajang untuk belajar menggali sekian banyak masalah yang dapat dikaji menjadi simpulan dan dijadikan khasanah keilmuan baru bagi teman-teman yang sedang belajar di perguruan tinggi”.

Tujuan dari Relawan Pendidikan tidak lain sebagai pengimplementasian salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu “Pengabdian kepada Masyarakat”. Sesuai dengan penuturan dari Huda (Ketua Relawan Pendidikan), “Saya harap warga RT 57 senang dengan kedatangan kami, bisa menyambut baik seluruh kegiatan yang kami selenggarakan. Begitu juga dengan kami, kami senang dapat diberi kesempatan untuk terjun di sini, dari sini kita mendapat ilmu dan bisa belajar langsung dari masyarakat”.(mikafip/ant)