Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Rombongan FIP UNY silaturahmi ke UKM dan UPSI Malaysia

By admin | 8:12 AM WIB, Sat May 31, 2014

Rombongan dari FIP UNY yang terdiri dari Sungkono, M.Pd (WD II/Jurusan Teknologi Pendidikan); Dr. Suwarjo, M.Si (WD III/Jurusan Psikologi Pembelajaran dan Bimbingan); Dr. Mumpuniarti, M.Pd (Ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa); Purwandari, M.Pd (Ketua Laboratorium Pendidikan Luar Biasa); Joko Pamungkas, M.Pd (Ketua Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini); Amir Syamsudin, M.Pd (Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini); dan Safitri Yosita Ratri, M.Ed (Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Koordinator Kerjasama) mengunjungi Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI). Kunjungan dalam rangka studi banding tentang kurikulum dan laboratorium di Pendidikan Khas (atau Pendidikan Luar Biasa) dan Pendidikan Awal Kanak-Kanak (atau Pendidikan Anak Sekolah Dini). Kunjungan ini dilaksanakan Rabu malam hingga Jumat siang, tanggal 21 Mei – 23 Mei 2014

Kegiatan studi banding yang pertama adalah kunjungan ke Jurusan Pendidikan Khas (Special Education Department) yang berada di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Selangor, Kuala Lumpur. Delegasi FIP diterima langsung oleh Prof. Madya Dr. Rosadah Abdul Majid selaku Ketua Jurusan Pendidikan Khas. Dalam diskusi ini beliau memaparkan sejarah singkat berdirinya Fakultas Pendidikan secara umum dan Pendidikan Khas secara umum yang dilanjutkan dengan pemaparan bagaimana kurikulum pembelajaran Pendidikan Khas yang diacu selama ini serta kelengkapan laboratoriumnya sebagai penunjang kegiatan perkualiahan. Pada kesempatan ini beliau menfokuskan pada keberadaaan laboratorium autisma yang selama ini telah menjadi rujukan bagi stakholder yang ada di sekitar wilayah UKM. Dari hasil kunjungan, laboratorium autisma di UKM telah memiliki ruang konseling dan materi pembelajaran baik berupa audio maupun visual yang cukup memadai.

Studi banding yang kedua adalah kunjungan pada Jurusan Pendidikan Khas (Special Education Department) dan Jurusan Pendidikan Awal Kanak-Kanak (Early Childhood Education Department). Kunjungan ini diterima oleh Ketua Pendidikan Khas, Dr. Kannamah Mottan dan beberapa wakil dari Pendidikan Awal Kanak-Kanak. Setelah memberikan penjabaran dan diskusi tentang kurikulum Pendidikan Khas dan Pendidikan Awal Kanak-Kanak, rombongan diaak untuk melihat laboratorium-laboratorium yang baru berjalan selama 2 (dua) tahun. Ada 11 (sebelas) laboratorium Pendidikan Khas yang memiliki fasilitas sangat baik dan lengkap mulai dari jenis audio, visual, maupun multimedia. Sedangkan Pendidikan Awal Kanak-Kanak memiliki 8 (delapan) laboratorium yang penuh dengan warna menarik sesuai dengan karakter peserta didik usia dini.

Dari hasil kunjungan ke UKM dan UPSI, selain belajar tentang kurikulum dan laboratorium, terdapat beberapa tindak lanjut guna meningkatkan kerja sama internasional yaitu berupa kunjungan balasan dan diadakannya pertukaran pelajar berupa site-in selama satu semester antar jurusan Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Dari kunjungan ini, rombongan mendapatkan beberapa hasil antara lain telaah kurikulum Pendidikan Khas dan Pendidikan Awal Kanak-Kanak yang berasal dari institusi di Malaysia dapat menjadi bahan pengembangan bagi kurikulum di Jurusan PLB dan Prodi PGPAUD. Kemudian kunjungan pada laboratorium di institusi dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan laboratorium di Jurusan PLB dan PGPAUD. Tindak lanjut yang telah direncanakan dari kegiatan kunjungan ini adalah pertukaran pelajar berupa  sit-in selama satu semester bagi mahasiswa Jurusan PLB dan Prodi PGPAUD.(yoss/ant)

Berita

  • Workshop Identifikasi Topik Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Berbasis Keilmuan di FIPP UNY: Meningkatkan Prestasi Melalui Strategi Efektif
    01/23/2024 - 14:32
  • Dosen PGSD UNY Beri Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila Kepada Guru SD di Sawangan Magelang
    10/02/2023 - 11:26
  • Dosen Berkegiatan di Luar Kampus sebagai Kegiatan Pendorong Pencapaian Indikator SDG’s di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 11:17
  • Pesan Dekan FIPP untuk Peserta Yudisium Periode Januari 2023
    02/02/2023 - 12:52
  • Tiga Srikandi UNY Tanggap akan Universal Quality Education, Perbaikan Literasi, dan Kualitas Pendidikan melalui Konsep Inklusi
    06/07/2023 - 18:47
  • Kontribusi Matakuliah Etnografi Pendidikan S1 KP dalam Mendukung Pencapaian SDGs
    10/02/2023 - 08:32
  • Universitas Doktor Nugroho Magetan Jalin Kerjasama Penyelenggarakaan Perkuliahan Program Doktor di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY
    01/21/2023 - 09:02
  • Memajukan Pariwisata Budaya dan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kerjasama Industri Batik Giriloyo
    10/02/2023 - 11:11
  • Peran Mata Kuliah Pengembangan Pribadi dan Profesi Bimbingan dan Konseling dalam Mewujudkan SGD 17 : Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dengan Dukungan dari LSP BK
    10/02/2023 - 11:06
  • Mahasiswa S2 PNF UNY Lakukan Pendampingan Keluarga Dengan Metode Home Visit Tentang Pendidikan Karakter di Masyarakat Moyudan, Sleman, Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:24

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY