Sarasehan Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

Senin (6/6) Dharma Wanita FIP UNY mengadakan Sarasehan Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang diadakan di TPA-KB Dharma Yoga Santi UNY. Diikuti oleh semua staff pengajar dari TPA-KB Dharma Yoga Santi dan Ibu-ibu Dharma Wanita FIP UNY yang diketuai Ibu Sri Retno Budiastuti Haryanto. Acara ini menghadirkan narasumber Nur Hayati, M.Pd dari prodi PG PAUD. Sarasehan ini diadakan di TPA-KB Dharma Yoga Santi yang berlokasi di lingkungan FT.

Nur Hayati menjelaskan bahwa Layanan pendidikan bagi anak usia dini yang tepat, yaitu sesuai  dengan tujuan Pedoman PAUD  (Berdasarkan Standar  Nasional Pendidikan Anak Usia Dini). Lebih lanjut dijelaskan pula  bahwa bukan hanya pendidik saja yang terlibat dalam proses pembelajaran, akan tetapi Tendik di PAUD dan juga Orang tua di rumah. Disebutkan pula prinsip-prinsip layanan PAUD antara lain Pembentukan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan  anak secara utuh dan seimbang, Mempertimbangkan tahapan tumbuh kembang anak, potensi, minat, dan karakteristik anak, Holistik-Integratif, Dilaksanakan dengan cara belajar melalui bermain, Mempertimbangkan kebutuhan anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, Berkesinambungan atau kontinum perkembangan anak dari usia lahir hingga 6 tahun, Memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, Memperhatikan sosial-budaya dan kontekstual.

Kemudian dari pihak TPA diwakili kepala sekolah, Desi Nurtho’hiroh, S.IP. menanggapi bahwa kendala yang biasanya terjadi adalah seringnya terjadi miskomunikasi dengan orang tua. “Karena banyak orang tua hanya memposisikan pendidikan hanyalah di sekolah, bukan di rumah. Tapi sebenarnya rumah menjadi ruang pendidikan utama dan yang paling mendasar” ungkapnya lagi. (ant)